GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Ciri Penyakit TBC yang Perlu Diwaspadai


Salah satu masalah kesehatan yang umum dan erat hubungannya dengan pernapasan adalah tuberkulosis (TBC), suatu infeksi menular paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat ditularkan melalui droplet (partikel air di udara) yang dikeluarkan oleh penderita TBC aktif saat batuk.

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar sepertiga dari populasi dunia telah terinfeksi bakteri TBC, dengan satu orang terinfeksi setiap detiknya. Bahkan, Menteri Kesehatan RI menyatakan bahwa Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah penderita TBC tertinggi di dunia setelah India.

Karena itu, kasus TBC di Indonesia masih merupakan ancaman serius dan upaya pengendaliannya terus ditingkatkan.

Tanda-tanda TBC yang perlu diwaspadai meliputi gejala awal berupa batuk, serta beberapa ciri lain yang perlu diobservasi:

  1. Suhu tubuh meningkat: Tanda awal TBC adalah peningkatan suhu tubuh atau demam, terutama pada malam hari, meskipun pada pagi dan siang hari tubuh terasa sehat.
  2. Berkeringat di malam hari: Demam dan peningkatan suhu tubuh pada malam hari dapat disertai dengan keringat berlebihan, kadang-kadang disertai dengan menggigil.
  3. Sering merasa lelah: Meskipun tidak melakukan aktivitas fisik berat, penderita TBC cenderung merasa lelah dengan gejala pegal-pegal dan sakit kepala.
  4. Kulit pucat: Kulit pucat dapat menjadi gejala TBC akibat kekurangan sel darah merah atau anemia.
  5. Penurunan nafsu makan dan berat badan: Penderita TBC biasanya mengalami penurunan nafsu makan yang berujung pada penurunan berat badan. Proses ini disertai dengan penggunaan energi yang meningkat untuk mengatasi infeksi.

Jika mengalami gejala-gejala ini, segera hubungi dokter untuk evaluasi dan pengobatan yang tepat.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Tuberkulosis (TBC)?

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular, oleh karena itu, tindakan pencegahan perlu diambil untuk menghindari risiko tertular penyakit ini. Ketahui juga Perlu Diwaspadai! Ini Gejala Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Nah, apa saja langkah-langkah pencegahan TBC?

  • Saat bersin atau batuk, pastikan untuk menutup mulut. Hal ini dapat dilakukan dengan tangan atau menggunakan tisu dan masker. Jika menggunakan tangan, penting untuk segera mencuci tangan dengan sabun.
  • Hindari membuang dahak atau ludah sembarangan.
  • Pastikan ventilasi udara di rumah optimal. Salah satu caranya adalah dengan membuka pintu dan jendela agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

Jika gejala-gejala tersebut muncul, disarankan untuk segera menghubungi tenaga medis atau dokter.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.