GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Perlu Diwaspadai! Ini Gejala Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Ilustrasi

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah suatu kondisi infeksi yang disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan seperti hidung, trakea, dan paru-paru. ISPA dapat dianggap sebagai infeksi yang menghambat proses pernafasan seseorang. Tanpa penanganan yang cepat, ISPA berpotensi menyebar ke seluruh sistem pernapasan, mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen ke tubuh, bahkan dapat berujung pada kehilangan nyawa.

ISPA termasuk penyakit yang mudah menular, terutama pada individu dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, orang tua, dan anak-anak yang sistem imunnya belum sepenuhnya terbentuk. Virus atau bakteri penyebab ISPA dapat tersebar melalui batuk, bersin, atau melalui benda-benda yang terkontaminasi cairan mengandung patogen, yang kemudian dapat dihirup oleh seseorang.

Penting untuk mencuci tangan setelah beraktivitas di tempat umum sebagai langkah preventif untuk menghindari penyebaran virus atau bakteri. Gejala ISPA melibatkan saluran pernapasan seperti hidung dan paru-paru, menampilkan respons terhadap toksin yang dihasilkan oleh patogen di saluran pernapasan. Gejala meliputi hidung tersumbat atau berair, bersin, perasaan tertahan di paru-paru, kelelahan, demam, batuk, dan rasa sakit di tubuh.

Apabila ISPA memburuk, gejala serius seperti kesulitan bernapas, pusing, rendahnya tingkat oksigen dalam darah, demam tinggi, dan hilangnya kesadaran dapat muncul. Anak-anak berisiko tinggi, dan tanda bahaya melibatkan kesulitan minum, kejang, kesadaran menurun, suara nafas yang aneh, dan gejala kekurangan gizi.

Durasi penyakit ISPA umumnya berlangsung satu hingga dua minggu, dengan sebagian besar penderita mengalami perbaikan gejala setelah minggu pertama. ISPA adalah masalah kesehatan utama di Indonesia, terutama di kalangan anak-anak. Jika mengalami gejala ISPA atau masalah pernapasan lainnya, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.