GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Gunung Dukono Erupsi , Ketinggian Letusan 2.090 Meter

Ilustrasi

Gunung Dukono di Halmahera Utara erupsi dengan tinggi kolom letusan mencapai 2.090 meter di atas puncaknya. Kolom abu berwarna putih hingga kelabu dengan ketebalan yang signifikan mengarah ke barat.

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), letusan tersebut terjadi pada Jumat (24/11/2023) pukul 05.58 WIB. Data seismograf merekam erupsi dengan amplitudo maksimum 10 mm dan durasi 122.75 detik, demikian disampaikan dalam keterangan resmi PVMBG.

PVMBG mengeluarkan peringatan kepada penduduk sekitar Gunung Dukono dan pengunjung untuk menghindari kegiatan di sekitar kawah gunung tersebut. Masyarakat di sekitar Gunung Dukono dan para wisatawan diimbau untuk tidak melakukan aktivitas yang berdekatan dengan kawah gunung.

PVMBG menyarankan agar penduduk sekitar Gunung Dukono dan para pengunjung atau wisatawan untuk menghindari kegiatan, pendakian, dan mendekati Kawah Malupang Warirang dalam radius 2 km. Selain itu, letusan dengan abu vulkanik terjadi secara berkala, dan sebaran abu akan mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga area dampaknya bersifat tidak tetap.

Oleh karena itu, disarankan agar masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Dukono selalu memiliki masker atau penutup hidung dan mulut sebagai langkah pencegahan. Penggunaan masker ini dianjurkan untuk melindungi sistem pernafasan dari potensi bahaya abu vulkanik saat dibutuhkan, mengingat adanya risiko perubahan dalam sebaran abu yang dapat terjadi.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.