GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Resep Kikil Sapi Khas Padang

Ilustrasi

Hari ini Aku mau berbagi resep yang emang bikin lidah ngiler banget, yaitu Resep Kikil Sapi Khas Padang. Siapa yang suka masakan Padang? Pasti banyak yang suka, kan? Nah, kali ini kita bakal coba masak Kikil Sapi, salah satu hidangan khas dari Padang yang melegenda. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Kikil sapi ini biasanya diolah dengan bumbu yang kaya rempah dan bercitarasa pedas gurih. Rasanya yang khas dan tekstur yang kenyal bikin makanan ini selalu ditunggu-tunggu. Yuk, kita coba buat sendiri di rumah! Jangan khawatir, resepnya nggak terlalu sulit kok, dan bahan-bahannya juga gampang dicari di pasar atau supermarket terdekat.

Bahan - bahan yang dibutuhkan :

Bahan-bahan Jumlah
Kikil Sapi 500 gram
Bumbu kare (Bamboe) 1 bungkus
Santan Kara 1/2 bungkus
Gula, garam, kaldu jamur, penyedap rasa Secukupnya
Minyak Untuk menumis bumbu halus
Perasan jeruk nipis Sesuai selera
Air Sesuai kebutuhan
Bumbu Halus:
Bawang merah 7 siung
Bawang putih 4 siung
Kemiri yang sudah disangrai 3 butir
Cabe merah 5 buah
Cabe merah keriting 5 buah (opsional)
Kunyit 2 ruas
Jahe 1 ruas
Bumbu Aromatik:
Daun jeruk 4 lembar
Daun salam 3 lembar
Serai, dimemarkan 1 batang
Lengkuas, dimemarkan 1 ruas
Bunga lawang 1 buah
Biji pala 1/2 buah
Kapulaga 2 buah
Cengkeh 2 buah

Langkah Membuatnya Sebagai Berikut :

Langkah Instruksi
1 Cuci bersih kikil sapi & potong sesuai selera.
2 Presto kikil sapi kurang lebih 30 menit / sesuai selera.
3 Tumis bumbu halus yang sudah di-blender & 1 bungkus bumbu kare menggunakan sedikit minyak hingga harum.
4 Tambahkan bumbu aromatik, tumis hingga layu & matang.
5 Tambahkan air, gula, garam, kaldu jamur, penyedap rasa & perasan jeruk. Test rasa.
6 Masukan kikil sapi, aduk hingga merata & masak hingga mendidih.
7 Masukan santan, aduk rata & masak hingga mendidih.
8 Setelah mendidih kecilkan api & lanjut masak sampai kuah nya menyusut & berminyak.
9 Diamkan beberapa saat hingga meresap kemudian angkat & siap untuk disajikan.

Nah, begitulah resep Kikil Sapi Khas Padang yang bisa kita coba buat sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu mencicipi makanan dengan hati-hati ya, karena bisa jadi rasanya bikin ketagihan! Kalau udah berhasil masak, ajak keluarga atau teman-teman untuk menikmati hidangan bersama. Pasti pada suka deh! Sekian resep dari aku, semoga berhasil dan selamat menikmati!

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI