GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Saham BREN Milik Prajogo Pangestu Melesat 25% Setelah Resmi Melantai

Gambar: Infografik/Arie Pratama, Dulu Pengemudi Angkot, Sekarang Menempati Posisi Ketiga Orang Terkaya di Indonesia/Prajogo Pangestu.

PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN), perusahaan energi hijau yang dimiliki oleh konglomerat Prajogo Pangestu, telah resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia, menandakan penutupan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

BREN menawarkan sebanyak 4.015.000.000 saham baru, setara dengan 3% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Harga penawaran per saham adalah Rp 780, dan total nilai penawaran mencapai Rp 3.131.700.000.000.

Saat debut perdana, saham BREN melonjak 25% atau 195 poin, mencapai harga Rp 975 per saham, dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp 130,44 triliun.

CEO Barito Pacific dan Komisaris Utama Barito Renewables, Agus Salim Pangestu, menyatakan bahwa langkah korporatif ini merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai transisi energi yang berkelanjutan.

Pada Senin (9/10), Agus Salim Pangestu menyampaikan rasa terima kasih kepada mitra dan investor yang berharga, mengapresiasi kepercayaan mereka terhadap perusahaan dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan nol emisi di Jakarta.

Sementara itu, CEO Barito Renewables, Hendra Soetjipto, menyatakan bahwa IPO Barito Renewables akan membawa BREN tidak hanya terbatas pada industri geotermal, melainkan juga mengarah ke teknologi terbarukan lainnya, didukung oleh keunggulan operasional yang kuat.

Hendra Soetjipto berharap BREN dapat menarik mitra, investor, dan bakat baru dalam upaya perusahaan untuk membantu Indonesia mencapai target energi terbarukan, menciptakan masa depan yang lebih cerah dan bersih.

Dana dari IPO, setelah dikurangi biaya, akan digunakan untuk membayar sebagian utang fasilitas B kepada Bangkok Bank Public Company Limited sebesar US$ 158.588.321. IPO BREN juga bertujuan memenuhi kewajiban pembayaran kepada Star Energi Oil & Gas Pte. Ltd., termasuk pembayaran kepada Perseroan dan penggunaan biaya oleh Star untuk pembayaran gaji, biaya jasa, dan biaya sewa.

Penting untuk dicatat bahwa pemilik Barito Renewables Energy adalah PT Barito Pacific dengan kepemilikan sebesar 66,67%, Green Energy Era sebesar 24,33%, Jupiter Tiger Holding 4,5%, dan Prime Hill Fund sebanyak 4,5%. Setelah IPO, kepemilikan BRPT di BREN akan terdilusi menjadi 64,43%, Green Energy 23,52%, Jupiter Tiger dan Prime Hill Fund 4,35%, serta masyarakat sebesar 3,35 persen.


Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.