GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Prediksi Starting XI Timnas Indonesia Hadapi Brunei

Timnas Indonesia menyambut dengan gembira gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri ke gawang Turkmenistan dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Jumat malam (08/09/2023). (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia bersiap untuk kembali bertanding di lapangan hijau dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, menghadapi Brunei Darussalam. Garuda, julukan Timnas Indonesia, akan berduel dengan Brunei dalam dua pertandingan, dengan pertandingan pertama di Jakarta pada 12 Oktober, dan pertandingan kedua di Brunei lima hari setelahnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil 25 pemain untuk kesempatan ini, termasuk pemain lokal dan pemain yang bermain di luar negeri. Namun, dalam pertandingan melawan Brunei, Ivar Jenner tidak dapat dipanggil karena mengalami cedera saat membela klubnya. Selain Jenner, Shin Tae-yong juga harus menghadapi kehilangan Jordi Amat dan Yance Sayuri yang absen karena cedera.

Sebagai pengganti untuk kedua pemain tersebut, STY memasukkan tiga pemain baru dalam skuad, yaitu Fachruddin Aryanto, Dzaky Asraf, dan Hokky Caraka. 

Kiper: Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata tampil sebagai pemain belakang untuk Timnas Indonesia dalam Piala AFF 2022, seperti yang tergambar dalam foto karya Bagaskara Lazuardi.

Di bawah mistar gawang Indonesia, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan tetap mengandalkan Nadeo Argawinata. Kiper Borneo FC ini menunjukkan penampilan yang solid dalam penampilannya terakhir bersama Timnas Indonesia, dalam pertandingan melawan Turkmenistan beberapa waktu lalu.

Meskipun Nadeo membuat beberapa kesalahan, terutama dalam membangun permainan, yang membuatnya dibandingkan dengan mantan kiper Manchester United, David De Gea, namun di sisi positif, ia berhasil melakukan beberapa penyelamatan luar biasa. Berkat penampilannya yang gemilang, gawang Skuad Garuda tetap tidak kebobolan dalam pertandingan tersebut.

Pertahanan: Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan

Pratama Arhan merayakan golnya ke gawang Timnas Turkmenistan pada Selasa (19/8/2023), seperti yang terlihat dalam gambar yang diabadikan oleh Bola.net/Arief Bagus.

Ketidakhadiran Amat membuka peluang bagi Fachruddin untuk kembali menjadi pilar di lini belakang sebagai pemimpin di pertahanan Timnas Garuda. Dengan formasi tiga bek tengah, dua posisi lainnya kemungkinan akan diisi oleh Sandy Walsh dan Elkan Baggott.

Selain Fachruddin, Timnas Garuda memiliki opsi lain untuk menggantikan posisi Amat, yaitu Rizky Ridho. Meskipun masih muda, Rizky Ridho telah menunjukkan kemampuan bertahan dan kepemimpinan yang sangat baik.

Formasi tiga bek tengah ini sebelumnya telah diuji oleh Shin Tae-yong, terakhir kali diterapkan dalam pertandingan melawan Turkmenistan. 

Untuk mengisi posisi bek sayap, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan menempatkan Asnawi Mangkualam di sisi kanan. Namun, jika Fachruddin bermain, Asnawi mungkin akan kehilangan ban kapten. Ada kemungkinan Fachruddin akan kembali menjadi kapten Timnas Garuda.

Di sisi kiri, ketidakhadiran Yance Sayuri tidak akan terlalu berdampak besar, karena Timnas Garuda masih memiliki Pratama Arhan yang dapat menguasai sisi lebar lapangan.

Baik Asnawi maupun Arhan memiliki kelebihan masing-masing. Selain kemampuan bertahan yang baik, keduanya juga agresif dalam mengepung pertahanan lawan.

Gelandang: Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan, gelandang Timnas Indonesia U-23, merayakan golnya setelah berhasil mencetak gol ke gawang Chinese Taipei dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Grup K. (Dok. Bola.net/Arief Bagus)

Absennya Ivar Jenner di lini tengah juga dapat diantisipasi dengan baik oleh Shin Tae-yong. Terdapat beberapa pemain lain yang mampu mengemban peran yang biasanya dijalankan oleh Jenner dengan baik.

Sebagai gelandang bertahan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan memilih Rachmat Irianto untuk mengisi kekosongan tersebut. Meskipun posisi alaminya adalah bek tengah, Irianto telah sering bermain di posisi gelandang bertahan. Selain memiliki kemampuan dalam distribusi bola, pemain Persib Bandung ini juga dapat menjadi tambahan pertahanan saat menghadapi serangan lawan.

Rachmat Irianto kemungkinan akan berduet dengan Ricky Kambuaya di lini tengah. Dengan mobilitasnya yang tinggi, Kambuaya dari Dewa United diharapkan dapat mengendalikan dominasi di lapangan tengah.

Marselino Ferdinan menjadi nama terakhir di lini tengah. Seperti Kambuaya, Marselino diharapkan dapat menjaga keunggulan Indonesia di lapangan tengah. Selain menciptakan peluang dan mengalirkan bola ke lini depan, dia juga memiliki kemampuan untuk melepaskan tembakan dari jarak jauh untuk menembus pertahanan lawan.

Serangan: Rafael Struick, Ramadhan Sananta

Rafael Struick merayakan golnya ke gawang Chinese Taipei dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, seperti yang terlihat dalam gambar yang diambil oleh Arief Bagus Prasetiyo.

Di lini serangan, Shin Tae-yong mungkin akan memilih untuk menurunkan duet Rafael Struick dan Ramadhan Sananta. Kedua pemain yang memiliki gaya bermain berbeda ini diharapkan dapat saling melengkapi sebagai ujung tombak Timnas Garuda.

Struick, dengan kecepatan dan kecerdikannya dalam membuka ruang, diharapkan dapat memecah fokus pertahanan Brunei dan menciptakan peluang bagi Sananta untuk menembus.

Sebagai target man, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan memilih Ramadhan Sananta. Pemain dari Persis Solo ini dianggap sebagai pemain nomor sembilan masa depan bagi Indonesia.

Pada kesempatan ini, Dimas Drajad juga dipanggil ke Timnas Indonesia. Namun, mengingat visi STY untuk membangun fondasi Timnas Indonesia untuk masa depan, ia mungkin akan memilih untuk memasang Sananta atau Hokky Caraka. Sementara itu, Dimas Drajad mungkin akan berperan sebagai pelapis dan mentor bagi kedua pemain muda tersebut.

Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia melawan Brunei.

Prakiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia kontra Brunei versi Bola.net.



Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI