GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Pernah Pesta 7 Gol , Ini Deretan Fakta Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Skuad nasional - Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, dan Marc Klok (Sumber: Bola.com/Erisa Febri)

Timnas Indonesia mendapat keberuntungan besar dengan mendapatkan lawan yang dianggap lebih mudah pada putaran awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda dijadwalkan untuk bertemu Timnas Brunei Darussalam dalam dua pertandingan kualifikasi pada tanggal 12 dan 17 Oktober 2023.

Timnas Indonesia akan menjadi yang pertama menghadapi perlawanan dari Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada tanggal 12 Oktober 2023. Lima hari setelahnya, giliran Timnas Indonesia yang akan menghadapi tantangan dari Brunei Darussalam di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan.

Dalam peringkat FIFA per 21 September 2023, Timnas Indonesia menduduki peringkat 147 dengan perolehan 1052,87 poin. Sementara itu, Brunei Darussalam berada di peringkat 191 dengan total poin 887,58.

Brunei Darussalam berada di posisi kedua terbawah dalam peringkat FIFA di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), hanya mengungguli Timnas Timor Leste yang menempati urutan ke-192.

Dalam sejarah pertemuan mereka yang sudah berlangsung sebanyak 11 kali sejak 1977, Timnas Indonesia dan Brunei Darussalam telah saling berhadapan. Bagaimana hasil dari pertandingan-pertandingan tersebut?

Brunei Darussalam sering menjadi tim yang mengalami kekalahan dalam pertemuan dengan Timnas Indonesia, mengalami tujuh kekalahan sepanjang sejarah. Meskipun demikian, Tebuan, julukan Brunei Darussalam, juga pernah meraih kemenangan pada tahun 1990 dan 1983.

Pertemuan terbaru kedua tim terjadi pada Piala AFF 2022, di mana Timnas Indonesia mencetak tujuh gol menghadapi 10 pemain Brunei Darussalam.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah mengundang sebanyak 26 pemain untuk bersiap menghadapi tim Brunei Darussalam. Dari jumlah tersebut, delapan pemain tengah berkarier di luar negeri.

Pemain-pemain asal Indonesia yang bermain di luar negeri tersebut meliputi Elkan Baggott di Inggris, Rafael Struick di Belanda, Marselino Ferdinan, dan Sandy Walsh di Belgia, Shayne Pattynama di Norwegia, Asnawi Mangkualam berada di Korea Selatan, Pratama Arhan berada di Jepang, dan Saddil Ramdani bermain di Malaysia.

Walaupun sebenarnya masih ada dua pemain asal Indonesia yang bermain di luar negeri, yaitu Ivar Jenner di Belanda dan Jordi Amat di Malaysia, namun keduanya mengalami cedera sehingga tidak dapat berpartisipasi dalam pertandingan melawan Brunei Darussalam.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.