GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Nasa Beberkan Syarat Melihat Gerhana Matahari ' Cincin Api '

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Api

Gerhana matahari "cincin api" yang akan terjadi dalam seminggu ke depan akan merayap totalitasnya di beberapa lokasi tertentu. Ini adalah cara-cara untuk menikmati fenomena ini.

Istilah "cincin api" merujuk pada penampakan gerhana matahari yang mirip dengan Gerhana Matahari Total. Meskipun demikian, karena Bulan berada pada titik terjauh dari Bumi dalam orbitnya, Bulan tidak dapat sepenuhnya menutupi Matahari. Akibatnya, cahaya Matahari yang bersinar dengan intensitas tampak membentuk lingkaran api di sekeliling bayangan Bulan, membentuk apa yang dikenal sebagai "cincin api."

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan dalam pernyataannya bahwa gerhana matahari ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (14/10).

Namun, NASA menegaskan bahwa fenomena ini tidak dapat dinikmati oleh semua orang di semua wilayah karena bergantung pada beberapa faktor, terutama cuaca dan lokasi pemantauan.

Faktor Cuaca

NASA menjelaskan bahwa pengamat memerlukan pandangan yang jelas ke Matahari dan Bulan untuk dapat melihat gerhana ini.

NASA menyebutkan persyaratan berikut agar dapat mengamati gerhana matahari "cincin api":

Lokasi

Untuk menyaksikan seluruh fase gerhana cincin, NASA menekankan bahwa pengamat harus berada di suatu lokasi di Bumi yang memungkinkan Bulan tampak melintasi pusat Matahari, atau disebut jalur annularitas.

"Gerhana matahari cincin akan melintasi Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. [Fenomena] ini akan terlihat di beberapa bagian Amerika Serikat, Meksiko, dan sejumlah negara di Amerika Selatan dan Tengah," demikian keterangan dari NASA.

Sejumlah kota besar di AS yang berada di jalur lintasan fenomena ini antara lain Eugene, Oregon, Alburquerque, New Mexico, dan San Antonio, Texas.

Namun sayangnya, jalur gerhana ini tidak melewati kota-kota di Indonesia.

Waktu

Bagi pengamat di Amerika Serikat, fase gerhana cincin diperkirakan akan dimulai sekitar pukul 09.15 hingga 11.50 waktu setempat.

NASA menjelaskan bahwa waktu awal dan akhir gerhana bervariasi tergantung pada lokasi pengamat. Durasi fase gerhana cincin dapat berkisar antara sekitar 30 detik hingga lebih dari 5 menit tergantung dari tempat pengamatannya.

Keamanan

NASA mengingatkan bahwa melihat langsung ke Matahari tanpa perlindungan selama fase gerhana dapat membahayakan mata.

"Cara yang paling aman dan sederhana untuk mengamati gerhana adalah dengan melihat gambar Matahari yang diproyeksikan ke sehelai kertas."

NASA menyarankan untuk membuat lubang kecil pada kartu indeks dengan ujung pensil, mengarahkannya ke arah Matahari, dan menggenggam kartu tersebut beberapa kaki di belakangnya dalam bayangan. Dengan cara ini, Anda dapat melihat proyeksi gambar Matahari pada kartu kedua.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI