GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Apa yang Harus Dilakukan Suatu Negara untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi

Ilustrasi

Negara memiliki tanggung jawab untuk menjamin kesejahteraan setiap warganya. Kesejahteraan suatu bangsa dapat tercapai melalui pencapaian keunggulan ekonomi. Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah yang perlu diambil oleh suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi. 

Di Indonesia, pembangunan kesejahteraan sosial menjadi bentuk usaha untuk mencapai tujuan bangsa yang diatur dalam UUD 1945. Meskipun demikian, hingga saat ini, masih banyak penduduk Indonesia yang belum memperoleh hak mereka atas kebutuhan dasar secara layak, dikarenakan absennya jaminan sosial dari pemerintah.

Tindakan apa yang perlu diambil oleh suatu negara agar mencapai keunggulan ekonomi?

Sebagaimana yang dilansir dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas 9 (tahun 2021: halaman 178),

Indonesia memiliki keunggulan ekonomi dalam bentuk komoditas ekspor yang dapat meningkatkan penerimaan devisa negara. Keberlimpahan sumber daya alam, bersanding dengan tanah yang subur dan sesuai untuk berbagai jenis tanaman, memungkinkan sektor pertanian dan kehutanan berkontribusi dalam peningkatan devisa negara.

Langkah-langkah yang diperlukan oleh suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM perlu memiliki kualitas yang mampu bersaing di era pasar global. Upaya ini dapat direalisasikan melalui peningkatan sistem pendidikan dan fasilitasnya, serta penyelenggaraan pelatihan bagi warga negara.

2. Fasilitasi penciptaan lingkungan wirausaha yang kondusif. 

Melalui penyederhanaan perizinan dan dukungan pemerintah kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), masyarakat dapat mengembangkan keahlian, memperoleh pendapatan secara independen, dan bahkan ikut berperan dalam penciptaan lapangan kerja.

3. Mempercepat pertumbuhan ekspor

Ini merupakan langkah penting , Negara perlu memiliki keunggulan komparatif dalam perdagangan internasional, artinya kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa lebih efisien dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Dengan meningkatnya nilai ekspor, dapat terjadi pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan menarik minat investor.

4. Pengembangan fasilitas umum dan prasarana.

Didefinisikan sebagai infrastruktur, bertujuan untuk kepentingan umum. Peningkatan infrastruktur secara merata akan menyempurnakan kegiatan ekonomi dan mendistribusikannya secara lebih luas.

5. Menciptakan peluang kerja yang lebih luas. 

Dengan mengurangi tingkat pengangguran, akan terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia karena kebutuhan dasar hidup dapat terpenuhi secara memadai.

Setelah mengetahui tindakan yang harus diambil oleh suatu negara untuk membentuk keunggulan ekonomi, sebagai warga yang peduli, setiap kontribusi bahkan yang kecil memiliki dampak yang signifikan. (DK)

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.