GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Memasang Alat Alexa Rank di Blog

Ilustrasi Alexa Rank
Dalam era digital yang semakin kompetitif ini, memantau kinerja dan popularitas situs web menjadi semakin penting bagi pemilik blog dan pengembang situs. Salah satu alat yang sangat berguna untuk melacak peringkat dan statistik situs web Anda adalah Alexa Rank. Dengan menggunakan alat Alexa Rank, Anda dapat dengan mudah memahami sejauh mana situs web Anda dibandingkan dengan pesaing dan mendapatkan wawasan berharga tentang kinerja Anda secara global.

Memasang Tools Alexa Rank di Blog

Jika Anda memiliki blog atau situs web, mungkin Anda ingin memantau peringkat dan statistiknya untuk mengukur popularitas dan kinerja situs tersebut. Salah satu alat yang populer untuk melakukannya adalah Alexa Rank. Alexa Rank memberikan informasi tentang seberapa populer suatu situs web dibandingkan dengan situs-situs web lainnya di seluruh dunia. Dengan memasang alat Alexa Rank di blog Anda, Anda dapat dengan mudah melacak peringkat situs web Anda dan melihat statistik penting lainnya. Berikut adalah panduan tentang cara memasang alat Alexa Rank di blog Anda

Daftar dan Dapatkan Kode Alexa Rank

  1. Kunjungi situs web Alexa (https://www.alexa.com) dan buat akun jika Anda belum memiliki satu.
  2. Setelah mendaftar dan masuk ke akun Anda, kunjungi halaman "Site Overview" untuk situs web Anda.
  3. Di sana, Anda akan melihat widget Alexa Rank. Klik pada widget tersebut untuk melihat opsi pengaturan dan pengodean.

Pilih Tipe Widget Alexa Rank

  1. Pada halaman widget, Anda akan melihat beberapa pilihan tipe widget yang tersedia. Misalnya, Anda dapat memilih widget Alexa Rank atau Alexa Traffic Rank.
  2. Pilih tipe widget yang sesuai dengan preferensi Anda. Widget Alexa Rank menunjukkan peringkat situs web Anda dalam Alexa Global Rank, sedangkan widget Alexa Traffic Rank menampilkan estimasi jumlah pengunjung situs web Anda.

Sesuaikan Tampilan Widget

  1. Setelah memilih tipe widget, Anda dapat menyesuaikan tampilan widget sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
  2. Beberapa opsi yang mungkin tersedia termasuk ukuran widget, tata letak, dan warna.
  3. Sesuaikan pengaturan sesuai keinginan Anda hingga Anda puas dengan tampilannya.

Dapatkan Kode Widget

  1. Setelah Anda menyesuaikan tampilan widget, klik tombol "Get Code" atau "Get Widget" untuk mendapatkan kode widget Alexa Rank.
  2. Kode ini akan berisi tag HTML yang harus Anda masukkan ke dalam blog Anda.

Pasang Kode Widget di Blog

  • Salin kode widget yang telah Anda dapatkan.
  • Masuk ke halaman pengeditan blog Anda, misalnya, dalam WordPress, buka posting atau halaman yang ingin Anda pasangi alat Alexa Rank.
  • Di dalam pengedit, temukan tempat di mana Anda ingin menampilkan widget Alexa Rank.
  • Beralih ke mode HTML atau sumber dan tempelkan kode widget di posisi yang sesuai.
  • Simpan perubahan Anda dan tinjau blog Anda untuk memastikan bahwa widget Alexa Rank ditampilkan dengan benar.


<!-- HTML -->
<div id="alexaChecker"/>
<!-- End HTML -->

<!-- JavaScript -->
<script>
var CreateCSS=document.createElement("style");
CreateCSS.innerHTML=`
#alexaChecker{background:#fff;font-family:"Noto Sans",sans-serif;text-align:center;margin:auto;padding:20px;border:0;border-radius:10px;box-shadow:0 0 8px 0 rgba(0,0,0,.08)}
#alexaTitle{color:#666;font-size:25px;font-weight:bold;margin-bottom:20px}
#alexaChecker div input{background:#f6f6f6;font-family:"Fira Mono",monospace;font-size:13px;text-align:center;padding:25px;border:1px solid #f6f6f6;border-radius:99em}
#alexaChecker div input:focus{background:#fff;border:1px solid #e6e6e6}
#alexaChecker div input::placeholder{color:#aaa;text-align:center}
#alexaInput{width:100%;height:30px;padding-left:5px;outline:none}
#alexaButton{background:#009ee0;color:#fff;font-size:13px;margin:20px 0 10px;padding:15px;border:0;border-radius:99em;cursor:pointer}
#alexaButton:hover{background:rgba(0,158,224,.8);color:#fff}
#alexaRank{color:#009ee0;font-size:30px;font-weight:bold;margin:15px 0}
#alexaInfo{color:#333;font-size:13px}
`;
document.body.append(CreateCSS);
var dataValue=0;
if (document.getElementById("alexaChecker")){
    document.getElementById("alexaChecker").innerHTML=`
<div id="alexaTitle">Alexa Rank Checker</div>
<div><input id="alexaInput" placeholder="Paste your domain here..." spellcheck="false"/></div>
<div><button id="alexaButton">Check</button></div>
<div id="alexaRank">-</div>
<div id="alexaInfo">Click the button and get your Alexa Rank!</div>
`;
  document.getElementById("alexaButton").addEventListener("click",function(){
    var dataUrl=document.getElementById("alexaInput").value;
    if(dataUrl.indexOf("http://")>=0||dataUrl.indexOf("https://")>=0 ){
    	dataUrl=dataUrl
    }else{
    	dataUrl="http://"+dataUrl
    }
    document.getElementById("alexaRank").innerText="---";
        var xhr=new XMLHttpRequest();
        xhr.open("POST","https://apialexa.maskoding.com/",true);
        xhr.onreadystatechange=function(){
            if (xhr.readyState==4){ 
                if(xhr.status==200){
                   	var db=JSON.parse(xhr.responseText);
                  	document.getElementById("alexaRank").innerText =db.data
                 }
            }
        }
        xhr.onerror=function(){ 
         setTimeout(function(){
         document.getElementById("alexaButton").click();
         },1000)
        }
        xhr.send(JSON.stringify({
          "data":dataUrl
        }))
  })
}
</script>
<!-- End JavaScript --> 

Periksa Penginstalan dan Statistik

  1. Setelah memasang widget Alexa Rank di blog Anda, buka kembali halaman situs web Anda di Alexa dan periksa apakah widget muncul dengan benar.
  2. Anda juga dapat memeriksa statistik yang terkait dengan peringkat situs web Anda, seperti lalu lintas harian, lalu lintas yang datang dari berbagai negara, dan situs web terkait.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang telah berhasil memasang alat Alexa Rank di blog Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk melacak peringkat situs web Anda dan mendapatkan wawasan tentang kinerja dan popularitasnya. Berikut beberapa tips tambahan untuk memaksimalkan penggunaan alat Alexa Rank

  • Perbarui konten secara teratur: Salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat Alexa adalah lalu lintas dan kunjungan yang diterima oleh situs web Anda. Dengan menghasilkan konten yang relevan dan berkualitas secara teratur, Anda dapat meningkatkan kunjungan dan mengoptimalkan peringkat situs web Anda.
  • Promosikan situs web Anda: Gunakan strategi pemasaran digital seperti media sosial, SEO, dan pemasaran konten untuk meningkatkan visibilitas dan mencapai audiens yang lebih luas. Semakin banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, semakin tinggi peringkat Alexa yang dapat Anda capai.
  •  Analisis statistik: Manfaatkan informasi dan statistik yang disediakan oleh alat Alexa Rank. Periksa data lalu lintas, sumber lalu lintas, dan peringkat situs web Anda dari waktu ke waktu. Hal ini akan membantu Anda memahami tren dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja situs web Anda.
  • Bandingkan dengan pesaing: Alexa Rank juga memungkinkan Anda untuk membandingkan peringkat situs web Anda dengan pesaing langsung. Analisis peringkat pesaing dapat memberikan wawasan berharga tentang posisi Anda di pasar dan membantu Anda mengembangkan strategi untuk meningkatkan peringkat Anda.
  • Tingkatkan kualitas pengunjung: Fokus pada kualitas lalu lintas yang Anda tarik ke situs web Anda. Mendorong pengunjung yang relevan dan berpotensi tertarik pada konten Anda dapat membantu meningkatkan peringkat Alexa dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
  • Tingkatkan kecepatan dan performa situs web: Kecepatan dan kinerja situs web dapat mempengaruhi peringkat Alexa. Pastikan situs web Anda memuat dengan cepat dan memberikan pengalaman pengguna yang lancar. Optimalkan gambar, kompres file, dan gunakan caching untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda.
  • Terlibatlah dengan komunitas Alexa: Jalin hubungan dengan komunitas pengguna Alexa untuk mendapatkan tips, saran, dan wawasan tambahan. Ada forum dan grup diskusi yang dapat Anda ikuti untuk memperluas pengetahuan Anda tentang alat Alexa Rank dan praktik terbaik dalam mengoptimalkan peringkat situs web.

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan alat Alexa Rank dengan bijak, Anda dapat memantau peringkat situs web Anda, melacak kinerjanya, dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan popularitas dan pengunjung.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI