GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Lagu Mawar Hitam - Tipe X


Lagu "Mawar Hitam" yang dinyanyikan oleh band Tipe-X dirilis pada tahun 2004 dan menjadi salah satu hits mereka yang paling terkenal. Lagu ini bercerita tentang perjuangan seseorang yang sedang menghadapi kepedihan dan penyesalan dalam hidupnya.

Lirik lagu ini diawali dengan intro Em Bm Em Bm, kemudian diikuti dengan emosi yang kuat dari vokalis Tipe-X, Tresno Riadi, ketika ia mulai bernyanyi: "Luka itu memang terlalu berat untukmu, terlalu keras untuk kau rasakan."

Liric penuh perjuangan

Lirik ini memperlihatkan betapa beratnya perjuangan yang harus dihadapi oleh seseorang dalam menghadapi penderitaan dan kekecewaan yang dialaminya. Namun, ia harus terus bertahan dan berusaha mengatasi segala rintangan yang ada dalam hidupnya.

Dalam lagu ini, Tipe-X juga menyoroti tentang pentingnya keyakinan dalam hidup seseorang. Sebab, meskipun keyakinan bisa menjadi motivasi untuk terus maju dan bertahan, tetapi pada kenyataannya, keyakinan itu tidak cukup untuk melawan segala rintangan.

Kita juga bisa menemukan bagian dari lirik yang menggambarkan tentang kekuatan dan keindahan dari seorang mawar hitam. Meskipun warnanya yang hitam bisa menunjukkan kesedihan dan kepedihan, tetapi aroma yang harumnya bisa membawa kesenangan dan kenangan indah bagi siapapun yang menciumnya.

Chord Gitar

Berikut ini chord atau kunci gitar yang bisa Anda gunakan jika ingin memainkan lagu "Mawar Hitam" oleh Tipe-X:

[Intro] Em Bm Em Bm

Em
Luka itu memang terlalu berat untukmu
Terlalu keras untuk kau rasakan
Bm
Tak seperti keinginan dan harapan
Em
Yang selalu kau impikan, kau inginkan
Bm
Kau khayalkan dan kau bayangkan dulu
Em
Mestinya kau sadari itu
Em
Bukan penyesalan yang ada di hati
Em
Saat kau yakinkan diri tuk pergi
Bm
Coba hadapi semua ini sendiri
C
Dan ternyata keyakinan
G
Tak cukup mampu untuk melawan
C
Kaupun tak mampu bertahan
D
Kini kau mawar penghias malam

[Reff]

G D
Kau mawar hitam harummu kepedihan
Am D
Kau arungi waktu di setiap pelukan

Em
Langit tetap saja hitam
Em
Meski air mata darah kau curahkan
Bm
Meratapi diri bukan jalan terbaik
Bm
Untuk tetap berdiri
Em Bm
Penyesalan memang selalu menakutkan
Em
Tapi itu kenyataan

[Intro] Em Bm Em Bm Em Bm Em Bm

C
Dan ternyata keyakinan
G
Tak cukup mampu untuk melawan
C
Kaupun tak mampu bertahan
D
Kini kau mawar penghias malam

[Reff]

G D
Kau mawar hitam harummu kepedihan
Am D
Kau arungi waktu di setiap pelukan
G D
Jangan menangis meski kau sesali
Am D
Singkirkan semua bila tak kau inginkan

[Outro] Em ...

Berhasil menyentuh hati

Lirik lagu "Mawar Hitam" ini berhasil menyentuh hati banyak orang dengan mengangkat tema kehilangan dan penyesalan. Lagu ini dibawakan oleh Tipe-X, sebuah grup band yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Band ini terkenal dengan genre musik ska dan reggae yang seringkali mengangkat pesan-pesan sosial dalam lagu-lagu mereka.

Ketika lagu "Mawar Hitam" dirilis pada tahun 2005, lagu ini segera meledak di pasaran dan menjadi salah satu hits terbesar Tipe-X. Tak hanya populer di Indonesia, lagu ini juga dikenal di luar negeri dan berhasil mendapat penghargaan "Best Local Song" pada ajang "MTV Asia Awards" pada tahun 2006.

Secara musikal, lagu "Mawar Hitam" memiliki irama yang upbeat dan khas dengan nuansa ska dan reggae yang digabungkan. Diawali dengan intro berupa chord Em dan Bm yang diulang sebanyak dua kali, kemudian dilanjutkan dengan lirik "Luka itu memang terlalu berat untukmu, Terlalu keras untuk kau rasakan". Lirik ini langsung menggambarkan tema kesedihan dan penderitaan yang diangkat dalam lagu ini.

Bagian reff atau refrain merupakan bagian yang paling banyak dikenal oleh pendengar lagu "Mawar Hitam". Terdiri dari chord G dan D, reff ini mengandung lirik "Kau mawar hitam harummu kepedihan, Kau arungi waktu di setiap pelukan". Lirik ini menggambarkan betapa beratnya proses menghadapi kesedihan dan rasa sakit yang dialami oleh seseorang.

Bagian tengah lagu menampilkan kembali lirik "Dan ternyata keyakinan, Tak cukup mampu untuk melawan, Kaupun tak mampu bertahan, Kini kau mawar penghias malam". Lirik ini memberikan kesan tentang perjuangan seseorang yang harus berhadapan dengan kesedihan dan kekecewaan yang dialaminya.

Lalu, lagu ini kembali memainkan bagian reff sebelum kemudian menampilkan bagian bridge atau interlude. Bagian ini dimainkan dengan chord C, G, C, dan D yang mengarahkan lagu ke reff kedua. Bagian reff kedua ini memiliki lirik yang sama dengan reff pertama, namun pada akhir bagian ini dilanjutkan dengan lirik "Jangan menangis meski kau sesali, Singkirkan semua bila tak kau inginkan". Lirik ini mengajarkan kepada pendengar untuk tetap kuat dan maju meskipun sedang mengalami rasa sakit dan penyesalan.

Lalu, lagu "Mawar Hitam" berakhir dengan kembali memainkan chord Em dan menyudahi lagu dengan lirik "Em...". Selain liriknya yang menyentuh hati, lagu ini juga dikenal dengan aransemen musik yang unik dan menghibur. Chord-chord upbeat yang dimainkan di sepanjang lagu ini sangat cocok untuk menemani suasana hati yang sedang sedih.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI