GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Tips dan Trik Meningkatkan Traffic Blog

Ilustrasi Traffic Blog

Setiap blogger pasti pernah mengalami “kekeringan blogging”. Ini bukan skenario yang tidak biasa. Faktanya, sebagian besar blogger mengalami jeda blogging dan kelangkaan pembaca. Anda menerbitkan posting blog yang ditulis dengan baik dan mengharapkan (dan berharap) orang lain untuk melihat, membaca, berbagi, dan mengomentarinya. Tapi sebaliknya, Anda tidak mendapatkan apa-apa. Sepertinya tidak ada yang memperhatikan blog Anda, apalagi membaca artikel Anda dan membagikannya. Fenomena kekeringan blogging terjadi sepanjang waktu, terutama dengan blog perusahaan. Di sebagian besar ceruk dan industri, Anda akan bersaing dengan ratusan (jika bukan ribuan) blogger lain untuk mendapatkan perhatian sekelompok kecil pembaca. 

Untuk menonjol dari yang lain, blog Anda harus benar-benar unik dalam semua aspek – desain, konten, pemasaran, dan sebagainya. Membuat blog luar biasa yang menerima banyak lalu lintas membutuhkan waktu, dedikasi, dan uang yang serius. Berdasarkan artikel yang diposting di New York Times, sekitar 95% blog gagal. Jika Anda benar-benar ingin membuat blog Anda berfungsi, Anda harus mengalahkan statistik yang tidak bersahabat ini. Hal pertama yang harus Anda fokuskan adalah meningkatkan lalu lintas blog Anda. Kuncinya di sini adalah untuk menghasilkan lalu lintas yang RELEVAN dan TARGET. Menerima "lebih banyak lalu lintas" tidak akan selalu memberi Anda hasil yang Anda inginkan kecuali jika peningkatan lalu lintas berkaitan dengan merek dan ceruk pasar Anda. Berikut adalah tips dan ide yang telah dicoba dan diuji tentang cara meningkatkan lalu lintas yang relevan ke blog Anda.

Cerdas dalam memilih topik konten.

Jika Anda menulis sesuatu yang tidak diminati oleh siapa pun atau hanya beberapa orang, Anda akan kesulitan menghasilkan lalu lintas blog, terlepas dari seberapa baik artikel Anda dibuat. Jadi, bagaimana Anda menarik perhatian pasar Anda? Tulis topik yang relevan – topik yang dicari audiens target Anda secara online. Inilah sebabnya mengapa Google Trends dianggap sebagai "BFF" blogger. Ini terutama di mana Anda dan setiap blogger lainnya dapat melihat kata kunci dan frasa kunci mana yang digunakan pasar Anda dalam pencarian online mereka. Selain Google Trends, Anda juga dapat menggunakan BuzzSumo dan SEMrush. Meskipun mengikuti tren topik itu penting, Anda juga harus memilih topik yang sesuai dengan pasar, strategi konten, dan merek Anda. Menangkap perhatian pasar Anda dengan topik yang tepat adalah langkah penting untuk menonjol dari pesaing Anda.

Pilih jenis konten

Meneruskan gumpalan besar teks sebagai konten adalah larangan besar bagi sebagian besar pembaca online. Bahkan jika topik Anda "tepat", yang mereka lihat hanyalah 'bla-bla-bla.' Anda ingin mendorong target pasar Anda untuk membaca konten Anda dan tidak menghindarinya. Perlu diingat bahwa beberapa jenis konten mendapatkan daya tarik lebih dari yang lain. Berdasarkan studi oleh BuzzSumo , dua jenis konten teratas yang paling disukai orang adalah listicles dan infografis. Di antara keduanya, listicle adalah favorit orang banyak. Ini juga terbukti secara ilmiah bahwa orang suka membaca konten yang terdaftar. Lihat, bahkan konten yang sedang Anda baca ini adalah daftar isi.

Prioritaskan kata kunci ekor panjang

Berfokus pada kata kunci tunggal tidak berfungsi lagi – setidaknya, bukan sebagai teknik SEO yang layak seperti sebelumnya. Sangat sulit untuk menentukan peringkat kata kunci tertentu, jadi daripada menargetkannya, tekankan istilah standar yang sering muncul bersamaan dengan kata kunci utama konten Anda.

Bagikan konten beberapa kali.

Sebuah artikel dari KISSmetrics memusatkan perhatian pada fakta bahwa sebagian besar blog perusahaan tidak membagikan konten mereka sesering yang seharusnya. Dalam hal menyebarkan dan membagikan posting blog Anda, sekali saja tidak cukup. Triknya di sini adalah menjadwalkan re-share dan repost secara tepat waktu. Misalnya, Anda dapat membagikan posting Anda yang baru diterbitkan di berbagai platform media sosial segera setelah artikel tersebut masuk ke web. Setelah satu atau dua hari, tweet tentang artikel itu lagi, tetapi dengan pesan yang berbeda. Setelah seminggu, bagikan artikel di Facebook atau Google+ lagi. Memposting ulang artikel Anda memberi tahu target pasar Anda bahwa konten Anda masih tepat waktu dan relevan.

Goyangkan tema Anda sesekali

Jika Anda telah menjadi blogger untuk beberapa waktu dan telah jatuh ke dalam jeda, perkenalkan sesuatu yang baru kepada pembaca Anda. Posting beberapa cerita menyenangkan di luar topik seminggu sekali. Lakukan 'throwback' pada hari Selasa, bukan Kamis. Mencampur sesuatu yang baru dapat mengguncang segalanya dan menarik perhatian target pasar Anda. Itu juga dapat menghidupkan kembali minat pengikut Anda dan membuat mereka lebih aktif dalam menjatuhkan komentar atau membagikan posting Anda.

Mulailah dengan headline Anda

Judul penting. Orang yang melakukan pencarian online hampir selalu membaca headline untuk mengukur apakah mereka akan membaca artikel tersebut atau tidak. Ada banyak strategi tentang cara menulis headline yang menarik , tetapi dua faktor penting yang harus selalu Anda ingat adalah sebagai berikut:

Perlakukan judul Anda sebagai janji. Konten adalah tempat Anda menyampaikan janji itu.
Terlepas dari bagaimana Anda menyusun judul Anda, itu harus selalu meninggalkan pertanyaan yang belum terjawab. Dan ya, jawabannya akan menjadi konten.

Manfaatkan sepenuhnya platform media sosial untuk promosi

Hampir setiap orang yang online memiliki beberapa bentuk akun media sosial. Maksimalkan kenyataan ini. Saat ini, tetap aktif di berbagai platform media sosial adalah peluang bagus untuk membina hubungan tidak hanya dengan target pasar Anda, tetapi juga dengan influencer industri. Selain mempromosikan posting Anda dan terlibat dengan pengikut Anda, Anda juga dapat mengkurasi konten influencer dan secara tidak mencolok menambahkan tautan ke konten Anda.

Promosikan di luar platform media sosial standar

Meskipun tergoda hanya untuk fokus mempromosikan konten Anda di Twitter, Facebook, dan LinkedIn, Anda harus keluar dari zona nyaman ini. Anda bisa mendapatkan keunggulan kompetitif ketika Anda membagikan artikel Anda di jaringan yang lebih kecil (tetapi masih terkenal). Sebagian besar jaringan yang lebih kecil ini memiliki pemirsa/anggota aktif, sehingga konten Anda dapat menonjol dengan sedikit persaingan untuk mendapatkan perhatian. Promosikan konten Anda ke tiga jaringan yang lebih kecil ini untuk perubahan:

  • Quora  – situs web berbasis Tanya Jawab tempat semua konten dibuat, diedit, dan dikuratori oleh komunitas penggunanya.
  • Tumblr – situs microblogging yang merupakan “home base” kaum muda dan trendi, yang menjadikannya sempurna untuk konten berbasis niche.
  • Empire Avenue – situs yang merupakan platform jejaring sosial satu bagian, alat pemasaran media sosial satu bagian yang anggotanya sebagian besar terdiri dari UKM, profesional media sosial, dan blogger.

Gunakan konten visual sesering mungkin

Manusia adalah makhluk visual. Jadi, konten visual adalah masalah besar. Faktanya, ada banyak statistik pemasaran konten untuk mendukung fakta ini. Konten visual dapat membuat Anda lebih banyak berbagi dan memposting ulang daripada konten berbasis teks biasa. Untuk membuat konten visual Anda menonjol dari yang lain, Anda dapat:

  • Buat/gunakan foto unggulan yang unik.
  • Gunakan grafik dan bagan yang penuh warna dan menarik untuk menekankan data dan angka.
  • Tambahkan infografis.
  • Menyematkan video.
  • Buat kartun terkait merek Anda sendiri yang dapat Anda gunakan berulang kali.
  • Gunakan tangkapan layar.
  • Tambahkan meme.
Anda tidak perlu menjadi ahli Photoshop untuk membuat visual Anda sendiri. Ada banyak template menarik yang dapat membuat pembuatan konten visual menjadi mudah

Sebutkan influencer di konten Anda (dan beri tahu mereka tentang hal itu)

Influencer di niche Anda memiliki banyak pengikut. Lebih sering daripada tidak, mereka baik dengan blogger menyebutkan mereka atau mengutip artikel mereka; beberapa bahkan mengharapkan ini terjadi. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dan berhasil, tetapi hanya jika Anda memberikan wawasan tambahan. Sebutkan influencer atau gunakan karya mereka jika Anda dapat menambah nilai dan membantu target pasar Anda. Ini juga merupakan cara yang baik untuk membangun hubungan dengan blogger lain di niche Anda. Perhatian: jangan menyebut mereka hanya demi menjatuhkan nama karena ini dapat membakar jembatan alih-alih membangunnya.

Jalankan giveaway

Meskipun tip ini ditujukan untuk blog bisnis, blog pribadi juga dapat mengadakan kontes untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas. Buat penawaran khusus seperti memenangkan diskon besar untuk produk favorit Anda atau berikan paket khusus secara gratis. Pembaca blog Anda dapat menjadi peserta kontes dan memenangkan hadiah jika mereka membagikan game Anda di berbagai platform media sosial.

Sisipkan tautan internal

Menambahkan tautan internal ke konten Anda memudahkan pembaca menemukan konten terbaik di blog Anda. Ini juga merupakan cara cerdas dalam membantu mesin pencari mengindeks konten Anda. Penting bagi Anda untuk belajar untuk tidak berlebihan. Menambahkan tautan internal hanya untuk kepentingan itu adalah langkah yang buruk karena dapat merugikan pembaca Anda. Hanya tambahkan tautan relevan yang dapat membantu pengunjung blog Anda.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.