GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Cara Membuat Bot Masuk Otomatis Sederhana dengan Python dan Selenium


Sebisa Bisnis Jogja - Otomatisasi tidak diragukan lagi merupakan salah satu keterampilan yang paling didambakan seorang programmer. Otomatisasi biasanya digunakan untuk tugas-tugas yang berulang, membosankan, memakan waktu , atau tidak efisien tanpa menggunakan skrip.

Dengan otomatisasi web , Anda dapat dengan mudah membuat bot untuk melakukan berbagai tugas di web, misalnya untuk memantau tarif hotel yang bersaing di Internet dan menentukan harga terbaik.

Secara pribadi, saya selalu menemukan login ke email saya cukup berulang dan membosankan, jadi demi contoh sederhana untuk memulai dengan otomatisasi web , mari kita terapkan skrip Python otomatis untuk masuk dengan satu klik ke akun Gmail .

Instalasi dan Pengaturan

Dalam tutorial ini kita akan menggunakan alat-alat berikut :
  • Bahasa pemrograman python
  • Peramban Google Chrome
  • Toolkit otomatisasi browser selenium
  • Driver web Driver Chrome untuk Chrome
Untuk program kami, kami akan menggunakan bahasa pemrograman Python , khususnya versi 2.7.11 . Sangat penting bagi kita untuk menginstal versi Python 2 yang cukup baru karena dilengkapi dengan PIP , yang akan memungkinkan kita untuk menginstal paket dan kerangka kerja pihak ketiga yang kita perlukan untuk mengotomatisasi skrip kita.

Setelah terinstal, restart komputer Anda agar perubahan diterapkan. Gunakan perintah pip install seleniumuntuk menambahkan toolkit otomatisasi web Selenium ke Python. Selenium akan memungkinkan kita untuk menggulir, menyalin teks, mengisi formulir, dan mengklik tombol secara terprogram.

Terakhir, unduh Selenium Chrome Driver yang dapat dieksekusi , yang akan membuka Google Chrome sesuai kebutuhan untuk melakukan tugas otomatis kami. Driver Chrome hanyalah cara untuk membuka Google Chrome (yang seharusnya sudah diinstal) untuk mengakses operasi browser standar secara terprogram .

Cukup unduh file ZIP terbaru dari sini , ekstrak file yang chromedriver.exedapat dieksekusi, dan tempatkan file yang dapat dieksekusi di direktori mana pun. Pastikan untuk mencatat di mana executable Anda berada, karena kami akan membutuhkannya begitu kami memulai .

Memulai Program

Seperti yang disebutkan di atas, kami akan menggunakan kerangka kerja otomatisasi web Selenium untuk masuk secara terprogram . Urutan pertama bisnis adalah mengimpor setiap modul yang kita perlukan dari perpustakaan Selenium Python yang kita instal sebelumnya dengan PIP.

Mari kita buka IDLE atau editor kode lain, buat file Python baru dengan .pyekstensi, dan impor modul berikut :

.from selenium import webdriver
from selenium.webdriver.common.by import By
from selenium.webdriver.support.ui import WebDriverWait
from selenium.webdriver.support import expected_conditions as EC

Selanjutnya, kami akan membuat dua string yang mewakili nama pengguna dan kata sandi kami untuk akun email. Perhatikan kapitalisasi, terutama pada string kata sandi Anda.

usernameStr = 'putYourUsernameHere'
passwordStr = 'putYourPasswordHere'

Sekarang setelah kita menyiapkan semuanya untuk memulai proses masuk, kita harus benar-benar menginstruksikan jendela browser untuk membuka Google Chrome , dan menavigasi ke laman masuk Gmail .

Jika Anda belum melakukannya, pastikan skrip Python Anda disimpan di lokasi yang sama dengan chromedriver.exeexecutable yang kami ekstrak sebelumnya.

browser = webdriver.Chrome()
browser.get(('https://accounts.google.com/ServiceLogin?'
'service=mail&continue=https://mail.google'
'.com/mail/#identifier'))

Menemukan Elemen

Kami telah berhasil mendapatkan browser untuk membuka Gmail, tetapi sekarang kami perlu menemukan bidang input di halaman web, di mana kami dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi kami .

Kita dapat melakukannya dengan mudah menggunakan Alat Pengembang Chrome bawaan. Kita hanya perlu klik kanan pada kolom input, dan pilih menu “Inspect”.

Sekarang tinggal menggunakan atribut HTMLid untuk menemukan elemen secara terprogram.

Pada kode di bawah ini, kita cukup mencari kolom input nama pengguna denganid , dan mengisinya dengan teks yang diinginkan. Kemudian kami mencari tombol Berikutnya yang bertransisi dengan animasi cepat sebelum meminta kata sandi kepada kami.

Perintah send_keys()dan click()melakukan persis seperti namanya — send_keys() mensimulasikan penekanan tombol pada elemen yang diinginkan, dan click() mensimulasikan klik mouse .

# fill in username and hit the next button
username = browser.find_element_by_id('Email')
username.send_keys(usernameStr)
nextButton = browser.find_element_by_id('next')
nextButton.click()

Kita dapat melakukan hal yang sama untuk bidang input kata sandi, serta untuk tombol Masuk . Namun, kedua item ini muncul di halaman hanya setelah transisi animasi .

Karena itu, kita memerlukan program untuk menunggu beberapa detik sebelum melanjutkan pencarian elemennya. Untuk sebagian besar, tahap kode ini tidak berbeda dari yang sebelumnya. Kami hanya perlu menginstruksikan browser untuk menunggu maksimal 10 detik sebelum menemukan entri kata sandi.

# wait for transition then continue to fill items
password = WebDriverWait(browser, 10).until(
EC.presence_of_element_located((By.ID, 'Passwd')))
password.send_keys(passwordStr)
 
signInButton = browser.find_element_by_id('signIn')
signInButton.click()

Penutup

Anda baru saja selesai membuat bot yang mengunjungi halaman web, memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda, dan berhasil membuat Anda masuk, mengotomatiskan seluruh proses menjadi satu klik. Saya tahu ini adalah demonstrasi sederhana, tetapi kemungkinannya tidak terbatas.

Pada catatan yang sama, berhati-hatilah dengan cara Anda menggunakan keterampilan ini. Beberapa orang menggunakan bot dan skrip otomatis untuk memasukkan undian ribuan kali, sama sekali mengabaikan syarat dan ketentuan. Yang lain menggunakannya untuk niat yang lebih jahat.

Pastikan untuk menggunakan otomatisasi dengan sengaja dan hati-hati, karena ini benar-benar merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam komunitas pemrograman!

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI