GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Pemulihan Emosional Setelah Perawatan Kanker

Pemulihan Emosional Setelah Perawatan Kanker

Dari saat Anda didiagnosis menderita kanker, hidup Anda berubah selamanya. Itu dapat memengaruhi cara Anda merasa, berpikir, dan bertindak. Anda bisa merasakan banyak emosi termasuk shock, rasa bersalah, marah, takut, sedih dan depresi. Emosi ini diharapkan, dan tim perawatan kesehatan Anda siap mendukung Anda.

Selama diagnosis dan pengobatan

Setiap orang adalah unik, dan cara emosi diproses dari saat diagnosis kanker hingga pengobatan akan berbeda-beda. Anda mungkin merasa kaget ketika mendengar bahwa Anda menderita kanker. Beberapa orang menjadi overdrive, mengumpulkan detail, dan realitas diagnosis tidak langsung meresap. Orang lain mungkin merasa cemas, marah atau sedih, atau berduka atas perubahan arah hidup mereka.

Adalah umum untuk merasakan campuran emosi. Tim perawatan kesehatan Anda memahami bahwa hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mempertahankan informasi yang Anda terima. Mereka akan mendorong Anda untuk membawa orang pendukung ke janji Anda untuk satu set telinga ekstra.

Selama waktu ini, tim perawatan kesehatan Anda akan menjawab pertanyaan Anda, menyediakan sumber daya, dan mengembangkan rencana perawatan yang disesuaikan untuk Anda. Mereka akan mendukung Anda secara emosional di setiap langkah.

Pemulihan dan seterusnya

Keadaan emosional Anda mungkin berubah setelah Anda menyelesaikan fase pengobatan aktif, seperti penyelesaian operasi, radiasi atau kemoterapi. Anda mungkin akan bersemangat untuk kembali ke kehidupan yang lebih normal, tetapi Anda juga mungkin merasa cemas untuk meninggalkan jaring pengaman dari kontak yang sering dengan tim perawatan kesehatan Anda. Anda mungkin bertanya "Sekarang apa?"

Pada saat ini, Anda mungkin ditawari kesempatan untuk kunjungan rencana perawatan penderita kanker. Selama kunjungan ini, Anda akan menerima ringkasan perjalanan kanker Anda, dan garis besar diagnosis Anda, perawatan yang diterima, efek samping yang diharapkan, sumber daya yang tersedia, dan rekomendasi untuk pengawasan berkelanjutan.

Seorang profesional perawatan kesehatan akan mendiskusikan rencana Anda dan menanyakan bagaimana perasaan Anda secara fisik dan emosional. Profesional ini dapat menjadi titik kontak bagi Anda selama pemulihan kanker Anda, dan menghubungkan Anda ke sumber daya dan menjawab pertanyaan Anda.

Perubahan emosi akibat kanker

Kanker adalah penyakit fisik, tetapi secara signifikan dapat mempengaruhi kesehatan emosional Anda.

Kelangsungan hidup berbeda pada setiap orang; namun, banyak orang yang selamat memiliki emosi yang sama :
  • Dukacita
  • Kita sering menganggap kesedihan hanya terjadi ketika orang yang kita cintai meninggal. Tapi itu umum untuk merasakan kesedihan yang signifikan setelah diagnosis kanker dan perawatan selanjutnya. Seseorang dapat berduka karena kehilangan waktu yang didedikasikan untuk perawatan; masa depan yang direncanakan; sensasi normal setelah mastektomi; atau citra tubuh sebelumnya, seperti perubahan rambut atau payudara.
  • Ketakutan dan kecemasan
  • Emosi ini normal dan merupakan bagian dari reaksi fisiologis otomatis tubuh. Anda mungkin merasa gugup tentang masa depan yang tidak pasti atau efek samping yang berkepanjangan. Penyintas kanker mungkin takut kanker kambuh dan khawatir bahwa setiap rasa sakit atau nyeri adalah tanda bahwa kanker Anda kembali. Selain itu, tekanan keuangan dan keluarga juga dapat memengaruhi emosi Anda.
  • Kesedihan atau depresi
  • Perasaan sedih yang berkepanjangan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, tetapi akan membaik seiring waktu. Bagi sebagian orang, perasaan ini bertahan dan menyebabkan depresi yang membutuhkan perhatian medis.
  • Kemarahan
  • Banyak penderita kanker merasakan rasa marah. Kanker dapat mengubah banyak bagian hidup Anda, termasuk hubungan, serta rencana sekolah, pekerjaan, dan pensiun. Kemarahan adalah respons normal terhadap perubahan itu. Penting untuk mengekspresikan kemarahan Anda dengan cara yang sehat. Bicarakan tentang perasaan Anda dengan seseorang yang Anda percayai.
  • Kesepian
  • Anda mungkin merasa seolah-olah orang lain tidak mengerti apa yang telah Anda alami. Ini dapat memengaruhi hubungan dan menyebabkan kesepian. Teman dan keluarga mungkin tidak yakin bagaimana cara terbaik untuk membantu Anda dan beberapa orang bahkan mungkin takut pada Anda karena Anda menderita kanker.
Kiat untuk pemulihan emosional

Bicaralah dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang cara-cara untuk meningkatkan ketahanan dan kesehatan emosional Anda. Beberapa tip meliputi :
  • Kelola tingkat stres.
  • Perjalanan kanker bisa menjadi saat yang paling menegangkan dalam hidup Anda. Bersandar pada teknik manajemen stres  yang Anda gunakan sebelum diagnosis Anda. Berolahraga, menghabiskan waktu di luar ruangan, meditasi atau menggunakan media kreatif dapat membantu menurunkan stres dan mengatasi emosi Anda. Program online juga dapat mengajarkan Anda strategi untuk mengelola stres dan mengembangkan ketahanan.
  • Tidur yang cukup.
  • Emosi Anda lebih baik diatur ketika Anda cukup tidur. Tidur yang terganggu atau berkualitas buruk dapat membuat Anda merasa mudah tersinggung dan meningkatkan perasaan negatif. Ini juga mengurangi energi dan bisa membuat Anda kurang bersemangat tentang kabar baik atau peristiwa dalam hidup Anda. Tetap pada jadwal yang teratur dan praktikkan kebersihan tidur yang baik  untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.
  • Carilah dukungan.
  • Terkadang berbicara dengan teman dan keluarga dapat membantu. Jika Anda merasa mereka tidak memahami perspektif Anda, carilah kelompok pendukung untuk para penyintas kanker. Ini bisa menjadi tempat yang aman untuk berbagi perasaan Anda dan mendengar dari orang lain yang sedang mengalami pengalaman serupa. Tim perawatan kesehatan Anda mungkin merujuk Anda ke terapis atau profesional lain yang dapat membantu Anda memilah-milah emosi Anda dan menemukan cara untuk mengatasi perasaan Anda.
  • Pergi ke semua janji tindak lanjut.
  • Anda mungkin takut akan yang terburuk ketika tiba waktunya untuk janji temu atau tes lanjutan. Jangan biarkan hal itu menghentikan Anda untuk pergi. Gunakan waktu ini untuk bertanya tentang tanda, gejala dan efek samping yang Anda alami.
Sembuh dari pengobatan kanker berkaitan dengan kesejahteraan fisik dan emosional Anda. Luangkan waktu untuk mengakui emosi Anda selama perjalanan kanker Anda. Ketahuilah bahwa emosi Anda unik dan akan berkembang seiring waktu. Ingatlah cara kanker membuat Anda menjadi orang yang lebih kuat dan ketahuilah bahwa Anda lebih dari sekadar bekas luka yang ditinggalkan kanker.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI