GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Menjaga Berat Badan Yang Sehat

Menjaga Berat Badan Yang Sehat

Banyak faktor yang dapat memengaruhi berat badan Anda, termasuk gen, usia, jenis kelamin, gaya hidup, kebiasaan keluarga, budaya, tidur, dan bahkan tempat tinggal dan pekerjaan Anda. Beberapa faktor ini dapat membuat sulit untuk mempertahankan atau mencapai berat badan yang sehat. Bagaimanapun, mengikuti pola makan bergizi dan berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia. Baca terus untuk mengetahui mengapa berat badan dapat berubah seiring bertambahnya usia, mengapa penting untuk mencapai berat badan yang sehat, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencapai tujuan Anda.

Mengapa berat badan berubah seiring bertambahnya usia?

Seiring bertambahnya usia, metabolisme — cara tubuh mendapatkan energi dari makanan — dapat berubah. Ini berarti bahwa beberapa orang dewasa yang lebih tua harus menjadi lebih aktif atau makan lebih sedikit kalori untuk mempertahankan atau mencapai berat badan ideal mereka.

Orang dewasa yang lebih tua lainnya mungkin kehilangan berat badan secara tidak sengaja. Hal ini bisa terjadi jika Anda kurang nafsu makan, kesulitan keluar rumah untuk membeli makanan, nyeri saat mengunyah atau menelan, atau lupa makan.

Waspadai penurunan berat badan secara tiba-tiba

Penurunan berat badan yang tiba-tiba dan tidak disengaja dapat menjadi tanda masalah medis yang serius seperti kanker, gangguan pencernaan, dan bahkan beberapa penyakit saraf. Jika Anda atau orang yang Anda cintai kehilangan berat badan dengan cepat tanpa bermaksud melakukannya, konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk mengetahui apakah ada penyebab medis.

Mengapa orang dewasa yang lebih tua harus mempertahankan berat badan yang sehat?

Menjaga berat badan Anda dalam kisaran normal adalah bagian penting dari penuaan yang sehat. Seperti pada tahap kehidupan lainnya, peningkatan indeks massa tubuh (BMI) pada orang dewasa yang lebih tua dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan masalah kesehatan. Ini termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes. Menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko ini.

Menjadi kurus juga meningkatkan kesempatan Anda untuk mengembangkan masalah kesehatan. Jika Anda memiliki BMI rendah, Anda mungkin lebih mungkin mengembangkan masalah medis seperti osteoporosis dan anemia, dan mungkin lebih sulit untuk pulih dari penyakit atau infeksi.

Apakah saya memiliki berat badan yang sehat?

Kisaran berat badan yang sehat untuk orang dewasa yang lebih tua berbeda dari kelompok usia lainnya. Angka pada timbangan — dan bahkan kalkulator BMI online — hanya menceritakan sebagian dari cerita. Misalnya, orang dewasa yang lebih tua dengan berat badan normal mungkin memiliki lebih banyak lemak dan lebih sedikit otot dibandingkan dengan orang lain yang sedikit kelebihan berat badan. Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum mencoba menurunkan atau menambah berat badan.

Bagaimana makanan, olahraga, dan kalori terhubung?

Menjadi aktif dan memilih makanan sehat dapat membantu Anda mempertahankan atau mencapai berat badan yang sehat, merasa lebih energik, dan mengurangi kemungkinan Anda mengalami masalah kesehatan lainnya. Sangat penting untuk memilih makanan yang kaya nutrisi dan bertujuan untuk setidaknya 150 menit aktivitas fisik per minggu.

Energi yang diperoleh tubuh Anda dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi diukur dalam kalori . Tubuh Anda membutuhkan sejumlah kalori setiap hari, tergantung pada tingkat aktivitas Anda dan faktor lainnya, untuk mempertahankan berat badan Anda saat ini. Kunjungi MyPlate Plan untuk menentukan berapa banyak kalori sehari yang Anda butuhkan berdasarkan usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik Anda.

Untuk menurunkan berat badan, berolahraga lebih banyak atau makan lebih sedikit kalori daripada yang disarankan. Untuk menambah berat badan, tingkatkan jumlah kalori yang Anda makan sambil mempertahankan tingkat aktivitas moderat.

Baca lebih lanjut tentang membuat pilihan makanan yang cerdas dan temukan rekomendasi tentang berapa banyak yang harus dimakan, yang disusun berdasarkan tingkat aktivitas.

Apa yang harus saya makan untuk menurunkan atau menambah berat badan?

Apakah Anda mencoba menurunkan atau menambah berat badan, makan makanan sehat itu penting. Cobalah untuk mengikuti pola makan sehat yang kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak. Jika Anda khawatir dengan berat badan Anda dan ingin mengubahnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Bicaralah dengan profesional perawatan kesehatan tentang cara membuat perubahan dengan cara sehat yang tepat untuk Anda.

Mencoba menurunkan berat badan?

  • Batasi ukuran porsi untuk mengontrol asupan kalori.
  • Jadilah seaktif mungkin secara fisik .
  • Ganti makanan biasa Anda dengan alternatif yang lebih sehat.
  • Tetap terhidrasi dengan air dan hindari minuman dengan tambahan gula.
  • Tetapkan tujuan yang spesifik dan realistis, seperti tiga kali jalan kaki 15 menit per minggu.
  • Jika ada jeda dalam makan sehat atau olahraga Anda, cobalah untuk kembali ke jalur secepat mungkin.
  • Catat apa yang Anda makan di buku harian makanan.

Mencoba menambah berat badan?

  • Makan lebih banyak makanan dengan lemak sehat , seperti alpukat dan selai kacang.
  • Jika Anda cepat kenyang, makanlah dengan porsi kecil dan sering sepanjang hari.
  • Tambahkan camilan padat nutrisi seperti kacang, keju, dan buah kering ke dalam menu Anda.
  • Bersantap bersama teman dan keluarga untuk membuat pengalaman lebih menyenangkan.
  • Tetap aktif untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

Berapa banyak aktivitas fisik yang saya butuhkan?

Latihan dan aktivitas fisik baik untuk hampir semua orang termasuk orang dewasa yang lebih tua. Bertujuan untuk setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang - bekerja cukup keras untuk meningkatkan detak jantung Anda dan berkeringat - setiap minggu. Anda tidak harus menyelesaikan ini sekaligus, tetapi Anda dapat menghentikan aktivitas Anda selama tujuh hari. Jika Anda tidak dapat segera mencapai tujuan, cobalah untuk aktif secara fisik sebisa mungkin. Melakukan sesuatu lebih baik daripada tidak melakukan sama sekali.

Untuk orang dewasa pada setiap berat badan, penuaan dikaitkan dengan hilangnya otot, yang membuat aktivitas tertentu menjadi sulit. Menjadi aktif dapat membantu orang dewasa yang lebih tua mempertahankan massa otot dan membuatnya lebih mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari, berpartisipasi dalam jalan-jalan, mengemudi, mengikuti cucu, menghindari jatuh, dan tetap semandiri mungkin.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk bergabung dengan gym atau menyewa pelatih pribadi untuk menjadi bugar. Pikirkan tentang jenis aktivitas fisik yang Anda sukai, misalnya, berjalan, berlari, bersepeda, berkebun, berenang, dan menari. Bahkan pekerjaan sehari-hari seperti menyedot debu dapat memberikan aktivitas fisik. Saat Anda mulai berolahraga, cobalah untuk tetap termotivasi untuk menggerakkan tubuh Anda secara teratur. Kemudian tingkatkan durasi Anda berolahraga atau tambahkan aktivitas menyenangkan lainnya. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan baru atau yang lebih kuat.


Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.