GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

7 Cara Mudah Menjalani Hidup Sehat

7 Cara Mudah Menjalani Hidup Sehat

Tahun itu akhirnya berakhir, dan hari-hari yang lebih bahagia dan penuh harapan ada di depan mata. Maksimalkan tahun baru Anda, dengan 7 kebiasaan sederhana untuk kesehatan yang lebih baik.

1. Naikkan tanaman Anda

Tentu, tanaman hias dapat membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Tapi begitu juga bisa makan banyak tanaman setiap hari. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang tinggi serat, antioksidan dan nutrisi lainnya, dan pola makan nabati dikaitkan dengan risiko penyakit yang lebih rendah dan umur panjang yang meningkat. Anda tidak harus menjadi vegan sepenuhnya; bahkan mengurangi produk hewani meningkatkan kesehatan dan keberlanjutan. Berkomitmen pada Senin Tanpa Daging , makan satu kali sehari vegan, tukar kacang dengan burger, atau tukar keju cheddar Anda dengan keju mete.

Dan apa pun yang terjadi, perbanyak tanaman: isi setengah piring Anda dengan sayuran dalam berbagai warna untuk memaksimalkan antioksidan, salad top dengan kacang dan biji labu, tambahkan segenggam bayam ke smoothie, sub nasi kembang kol untuk nasi putih, kunyah blackberry bukannya popcorn film. Dan buat persiapan lebih mudah: wortel, brokoli, paprika merah, dan kacang polong yang sudah dipotong sebelumnya, dan simpan dalam wadah kaca untuk salad atau tumis super cepat.

2. Bersikaplah licik dengan berolahraga

Gerakan fisik yang teratur adalah kunci untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia. Ini memperkuat tulang, meningkatkan suasana hati, meningkatkan tidur dan mengurangi risiko penyakit. Tetapi jika penutupan pusat kebugaran telah membebani keringat harian Anda, cobalah berolahraga. Ambil gambar setidaknya 10.000 langkah sehari—aplikasi penghitung langkah dapat membantu Anda melacak—dan memasukkan lebih banyak langkah ke rutinitas rutin Anda: parkir di ujung tempat parkir, lewati lift dan naik tangga, berjalan di tempat sambil Anda sedang menunggu dalam antrean. Jika Anda bekerja dari rumah, istirahatlah secara aktif: lari naik turun tangga, lompat tali selama lima menit, atau ajak anjing jogging keliling blok. Untuk rutinitas yang lebih terstruktur, cari kelas tatap muka dalam kelompok kecil atau daftar untuk latihan interaktif online. Campurkan rutinitas Andauntuk menghindari kebosanan; latihan penguatan, peregangan, dan keseimbangan alternatif seperti yoga dan Pilates dengan latihan interval, dan mintalah mitra yang bertanggung jawab untuk membuat Anda tetap jujur.

Inspirasikan diri Anda untuk bergerak lebih banyak, dengan lemari pakaian olahraga yang diperbarui; lempar perlengkapan lusuh itu, dan belanja pakaian atletik ramah lingkungan yang menyenangkan. Lihat thegoodtrade.com atau plantathletic.com . Dan ganti sepatu Anda, bukan lutut Anda; singkirkan sepatu tua yang lelah itu dan lindungi persendian Anda dengan alas kaki berkualitas tinggi yang dirancang untuk aktivitas spesifik Anda.

3. Hidrasi, berkelanjutan

Minum lebih banyak air sangat penting untuk energi dan fungsi otak, dan bahkan dehidrasi ringan dapat memengaruhi suasana hati, stamina, dan kemampuan kognitif. Inilah masalahnya: air itu harus jenis air yang tepat, bebas dari klorin, logam berat, bahan kimia industri, dan zat berbahaya lainnya yang bersembunyi di air ledeng. Kelompok Kerja Lingkunganmenunjukkan lebih dari 200 bahan kimia yang tidak diatur dalam air keran di 45 negara bagian dan tingkat PFAS yang tidak aman—toksin yang terkait dengan kolesterol tinggi, obesitas, penekanan hormon, dan kanker di 49 negara bagian. Tetapi air kemasan adalah mimpi buruk bagi lingkungan: mikroplastik—partikel yang hampir tidak terlihat yang dihasilkan dari pemecahan botol air plastik, sedotan, cincin soda, dan bentuk plastik lainnya—memiliki dampak buruk pada kehidupan laut dan kesehatan manusia. Dan mereka berhasil masuk ke air kemasan; penelitian telah menemukan mikroplastik di 93 persen dari 11 merek air minum kemasan populer.

Hidrasi secara berkelanjutan, tanpa plastik, dengan kendi air berfilter yang dirancang untuk menghilangkan kotoran. Lihat Pitcher Filter Air Kaca Rumah LifeStraw , yang dengan aman menyaring mikroplastik yang sulit dihilangkan, serta bakteri, parasit, timbal, merkuri, PFAS, klorin, pestisida, herbisida, dan racun lainnya. Plus, ia mempertahankan mineral penting yang baik untuk Anda seperti magnesium dan potasium. Kami menyukai desainnya yang ramping dan berkelanjutan yang secara alami membuat Anda ingin minum lebih banyak. 

4. Hadapi stres dengan serius

Hidup yang lebih sehat dan bahagia berarti menghilangkan – atau paling tidak, menurunkan – tingkat stres Anda.

Ini lebih dari ketidaknyamanan; studi menghubungkan stres berlebih dengan gangguan tidur, obesitas dan risiko lebih tinggi untuk penyakit jantung, depresi, Alzheimer dan kondisi lainnya. Jinakkan ketegangan dengan shift harian yang sederhana. Buat latte pagi Anda dengan teh hijau, bukan kopi; rendah kafein dan tinggi L-theanine yang menenangkan. Anda juga dapat menggunakan diet Anda untuk membantu menenangkan stres (dan membatasi pilihan yang tidak sehat ). Ganti camilan manis dengan makanan yang kaya vitamin B, magnesium, triptofan, dan nutrisi penghilang stres lainnya, seperti edamame, mentega almond, hummus, yogurt Yunani, atau guacamole. Atau coba adaptogen seperti ashwagandha atau kemangi suci, untuk meredakan kecemasan dan meningkatkan keseimbangan .

Dan jangan lupa untuk menargetkan penyebab umum di balik stres . Cabut secara teratur: matikan laptop Anda, matikan telepon Anda dan beri otak Anda kesempatan untuk memutuskan sambungan. Alih-alih Netflix dan berita malam, bersantailah dengan buku yang membangkitkan semangat, secangkir teh chamomile yang menenangkan, dan lilin lavender—yang terbukti meningkatkan ketenangan. Dan berkomitmen untuk meditasi; bahkan sepuluh menit sehari menurunkan kadar kortisol dan meredakan kecemasan. Sertakan rutinitas super sederhana untuk menutup mata dan fokus pada napas, atau coba aplikasi meditasi terpandu seperti Headspace, Inscape, atau Insight Timer.

5. Bersosialisasi, kreatif

Kita manusia adalah makhluk yang sangat sosial, dan isolasi yang diperpanjang dikaitkan dengan stres, kecemasan, depresi, penyakit jantung, dan  kematian dini. Jika jarak sosial menghambat kemampuan Anda untuk terhubung, berkreasilah: mulai klub buku online, daftarkan teman untuk malam permainan virtual atau adakan pesta makan malam Zoom, lengkap dengan memasak. Atau kumpulkan sekelompok teman dan daftar untuk lukisan online, kelas seni bela diri atau kelas bahasa asing, dengan sesi "pekerjaan rumah" kelompok tindak lanjut. Jadwalkan tamasya reguler dengan teman-teman favorit, dan cari tempat luar ruangan seperti kebun raya,  museum luar ruang, atau kebun binatang setempat. Bahkan lebih baik: seluncur es, sepatu roda, golf, atau hiking mingguan, menyelinap dalam olahraga, dan sinar matahari meningkatkan vitamin D yang meningkatkan suasana hati.

Jangan lupa satu-satu: memiliki kualitas dari hati ke hati setiap hari, dengan teman atau anggota keluarga yang tepercaya. Dan pilih interaksi Anda dengan bijak—fokuskan pada orang-orang yang menginspirasi kegembiraan dan membangkitkan rasa optimisme Anda.

6. Lindungi rekan-rekan Anda

Semua ponsel pintar, tablet, dan rapat Zoom sulit dilihat. Kita secara alami lebih sedikit berkedip saat melihat layar, dan gerakan mata serta persyaratan pemfokusan untuk tampilan digital dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome—sekelompok masalah yang mencakup ketegangan mata, penglihatan kabur, mata kering, nyeri leher atau bahu, dan sakit kepala.

Lindungi para pengintip tersebut: jauhkan layar sejauh satu tangan dari mata, perbesar ukuran font untuk mempermudah pembacaan online, hindari silau dari jendela atau pencahayaan di atas kepala, sesuaikan kecerahan layar agar sesuai dengan cahaya sekitar dan cetak dokumen alih-alih membacanya secara online. Tetesan pelumas alami dapat meredakan kekeringan dan iritasi. Dan istirahatlah secara teratur: setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar selama 20 detik dan lihat objek sejauh 20 kaki. Latihan sederhana setelah sesi layar panjang membantu mengendurkan mata dan meningkatkan kedipan. Coba ini: putar mata lima kali searah jarum jam, lalu berlawanan arah jarum jam, lalu fokus pada objek sejauh empat inci dan dengan cepat beralih ke objek yang jauh, seperti pohon di kejauhan.

Plus, Anda dapat menyempurnakan diet Anda untuk memasukkan nutrisi untuk kesehatan mata yang baik . Tekankan makanan yang mendukung penglihatan yang sehat, seperti bayam, kangkung, biji bunga matahari dan paprika merah, dan cobalah suplemen pendukung penglihatan yang mencakup lutein dan zeaxanthin

7. Kecilkan jejak Anda

Anda mungkin bekerja dari rumah, dan mengemudi (dan terbang) lebih sedikit dari sebelumnya, jadi begitulah. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa kita mungkin menggunakan lebih banyak energi untuk bekerja dan berbelanja di rumah, dan pembelian online yang sering menghasilkan lebih banyak limbah kemasan dan emisi gas rumah kaca yang lebih tinggi per item. Sementara itu, makanan yang dibawa pulang telah meningkatkan penggunaan peralatan sekali pakai dan wadah angkut, dan gangguan rantai pasokan berarti tumpukan makanan akan terbuang sia-sia.

Lakukan bagian Anda untuk mengecilkan jejak Anda: jika Anda bekerja dari rumah, ubah ke pencahayaan LED, pasang perlengkapan aliran rendah untuk mengurangi konsumsi air, dapatkan termostat pintar untuk menghemat energi sepanjang hari, pakai sweter yang nyaman dan turun panas. Konsolidasikan pembelian online Anda dan hindari apa pun dengan kemasan berlebih. Dukung restoran lokal yang menggunakan kontainer to-go yang berkelanjutan; lewati peralatan plastik dan serbet kertas, dan gunakan sendiri di rumah. Dan terapkan kebijakan rendah limbah di dapur Anda: tekankan lokal dan organik, kurangi makan daging, investasikan di tempat sampah kompos, dan rencanakan makanan dan belanja untuk mengurangi limbah makanan.  

Membangun kehidupan yang lebih sehat dan bahagia adalah proses sepanjang tahun. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang semua kebiasaan sehat yang akan bermanfaat bagi Anda, kesehatan Anda, dan kesehatan Anda.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.