GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Pengendara Motor Cerdas Wajib Tahu , Ini Cara Menyalakan Lampu Sein Yang Benar. Hal Sepele Tapi Selamat

Ilustrasi

Lampu sein menjadi salah satu alat untuk berkomunikasi dengan pengendara sekitar untuk memberitahu pengendara lain atau sekitar bahwa pengendara ingin berbelok.

Meski demikian , tak jarang pengendara yang Salah kaprah dalam menggunakan lampu sein. Misalnya ketika hendak berbelok dengan menyalakan lampu sein secara tiba - tiba tanpa memperhitungkan jarak dengan pengendara sekitarnya.

Melansir dari Otomania.com , Andry Berlianto selaku Instruktur Difensive Driving Global Consulting ( GDDC ) mengatakan bahwa menyalakan lampu sein tidak boleh sembarangan , ada prosedurnya.

" Kode lampu sein idealnya dilakukan minimal 50 meter sebelum berbelok ataupun pindah jalur." Ujarnya 

Lebih lanjut , ia menjelaskan tujuan memberikan waktu saat menyalakan lampu sein supaya pengendara lain memahami serta lebih waspada terhadap pengendara yang menyalakan lampu sein.

Ketika menyalakan lampu sein sebaiknya tidak perlu melambaikan tangan ataupun dengan kaki sebagai isyarat.

Pengendara yang merubah arah ataupun berbelok dengan menggunakan anggota tubuh termasuk sebagai kategori agresive rider.

Anggota tubuh sebaiknya tidak boleh keluar dari lebar stang motor karena hal ini dapat berpengaruh dengan keseimbangan motor. Sementara kaki wajib berada di bagian dek bawah agar motor yang dikendarai tidak oleng.*



Sumber   : Otomania dan berbagai sumber
Editor      : Tommy Prabowo

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.