GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Sedan Superglued : Menimbang Manfaat Teknologi Ringan Polestar 5 2024


Polestar 5 2024 tidak akan menjadi kendaraan pertama yang menggunakan ikatan perekat untuk bergabung dengan sebagian besar struktur unibody aluminiumnya, tetapi sebagian besar lainnya adalah model volume rendah dari merek khusus seperti Lotus dan Aston Martin. Signifikansi arsitektur pertama yang sepenuhnya dirancang di dalam rumah dari hatchback Polestar 5 yang akan datang akan menggunakan teknik konstruksi pada volume yang lebih tinggi daripada mobil mana pun sebelumnya. Imbalannya adalah struktur sasis tubuh lima tempat duduk yang menawarkan kekakuan torsi dari mobil sport atau supercar dua tempat duduk, namun sebanding dengan bobotnya dengan rangka mobil yang lebih kecil.

Saat mengembangkan struktur unibody aluminium, berbagai coran, ekstrusi, dan stamping dapat digabungkan dengan pengelasan titik, pengelasan jahitan, paku keling, ikatan epoksi, atau lebih mungkin kombinasi dari beberapa hal di atas. Memilah mana yang harus dipilih adalah memusingkan bagi setiap pembuat mobil yang bekerja dengan aluminium untuk penghematan berat dan properti lainnya.

Ada pengorbanan struktural, biaya, dan bobot untuk setiap teknik yang harus seimbang, dan neraca Polestar sangat mendukung satu metode khususnya: ikatan epoksi

Keunggulan Polestar 5
Perekat berbasis epoksi seperti yang digunakan Polestar dapat lebih "memaafkan" sedikit ketidakcocokan dalam bentuk bagian, karena bahan pengikat mengembang untuk mengisi rongga kecil dan meningkatkan kontak permukaan-ke-permukaan. Perekat menyatukan bagian-bagian secara seragam di sepanjang manik, dan tidak secara lokal seperti las titik. Ini mirip dengan metode las jahitan laser yang mahal.

Karena pengelasan melelehkan area kecil dari setiap bagian yang disambung dan dapat melengkungkan material dari desain yang dimaksudkan, beberapa bagian harus dibuat lebih tebal dari yang diperlukan untuk mentolerir suhu tinggi, menambah berat yang tidak diperlukan dengan metode ikatan epxoy Polestar sedang berkembang.

Ada juga keuntungan besar untuk perakitan dengan ikatan epoksi, karena bagian-bagiannya tidak perlu dirancang untuk memberikan jarak bagi ujung pengelasan untuk mengakses kedua sisi flensa, yang pada dasarnya mengurangi kerumitan struktur yang hanya diperlukan karena perakitan. metode.

Jadi, massa yang cukup besar dapat diambil dari bagian-bagian yang disambung dengan menggunakan flensa yang lebih kecil dalam konstruksi, dan dengan merancang struktur secara holistik untuk meningkatkan kekuatan sambungan ikat dan bagian geometris yang mungkin tidak mungkin dilakukan jika melindungi untuk akses ujung las .

Apa yang Membuat Ikatan Perekat Lebih Padat Tenaga Kerja?
Sebagian besar kendaraan aluminium produksi volume lainnya — seperti Jaguar I-Pace — menggunakan beberapa campuran ikatan perekat dan pengikat mekanis, dengan lebih banyak paku keling dan pengelasan yang digunakan bersama dengan perekat. Pendekatan Polestar serupa tetapi mudah-mudahan lebih ramping.

Pada volume produksi yang lebih rendah, cenderung lebih hemat biaya dan cepat untuk mengaplikasikan perekat dan menjepit bagian yang disambung secara manual sampai perekat sembuh secara termal. Pada volume produksi (lima digit) yang diantisipasi lebih tinggi dari Polestar 5, ada baiknya menemukan efisiensi manufaktur dalam aplikasi perekat dengan perakitan robot, dan alat jig yang lebih rumit untuk menahan bagian-bagian tertentu melalui proses pengawetan.

Bagian-bagian tertentu diikat dengan perekat dan pengencang mekanis seperti paku keling penusuk sendiri, baik karena persyaratan strukturalnya memerlukannya, termasuk struktur benturan zona remuk, atau hanya untuk menahan bagian-bagian itu bersama-sama saat melewati oven pengawetan.

Bagaimana Polestar 5 Bekerja?
Struktur yang diikat dan banyak jignya melewati oven pengawetan sebelum proses pengecatan. Ini memperkuat seluruh struktur unibody dan memastikan semua resin epoksi terpasang sepenuhnya. Perhatikan bahwa struktur yang terikat penuh membutuhkan penyegelan yang jauh lebih sedikit daripada yang disatukan sebagian besar dengan las titik (untuk mencegah intrusi debu dan air), tetapi Polestar 5 masih memerlukan beberapa penyegelan bodi eksternal.

Polestar berjanji untuk mengukur hal-hal seperti kekakuan torsional dan massa, membandingkan masing-masing dengan kompetisi di bulan-bulan mendatang. Polestar 5 diharapkan tiba pada 2024. Jika Anda menunggu untuk membelinya, Anda sudah bisa mulai menyombongkan diri kepada teman Anda bahwa itu akan dibangun seperti eksotik, seperti Aston Martin Rapide


Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.