GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

10 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Mars

Ilustrasi

Mars adalah planet keempat dari Matahari dunia yang berdebu, dingin, dan gurun dengan atmosfer yang sangat tipis. Mars juga merupakan planet yang dinamis dengan musim, lapisan es kutub, ngarai, gunung berapi yang sudah punah, dan bukti bahwa Mars bahkan lebih aktif di masa lalu. Mars adalah salah satu benda yang paling banyak dieksplorasi di tata surya kita, dan satu-satunya planet tempat kami mengirim penjelajah untuk menjelajahi lanskap alien.

NASA saat ini memiliki dua rover (Curiosity and Perseverance), satu pendarat (InSight), dan satu helikopter (Ingenuity) menjelajahi permukaan Mars. Penjelajah ketekunan penjelajah terbesar dan tercanggih yang pernah dikirim NASA ke dunia lain mendarat di Mars pada 18 Februari 2021, setelah perjalanan 203 hari melintasi 293 juta mil (472 juta kilometer). Helikopter Ingenuity naik ke Mars menempel di perut Perseverance.

Ketekunan adalah salah satu dari tiga pesawat ruang angkasa yang tiba di Mars pada tahun 2021. Pengorbit Hope dari Uni Emirat Arab tiba pada 9 Februari 2021. Misi Tianwen-1 China tiba pada 10 Februari 2021, dan mencakup pengorbit, pendarat, dan penjelajah. Europa dan India juga memiliki pesawat luar angkasa yang mempelajari Mars dari orbit.

Pada Mei 2021, China menjadi negara kedua yang berhasil mendarat di Mars ketika rover Zhurong Mars-nya mendarat.

Armada internasional yang terdiri dari delapan pengorbit sedang mempelajari Planet Merah dari atas termasuk tiga pengorbit NASA: 2001 Mars Odyssey, Mars Reconnaissance Orbiter, dan MAVEN.

Penjelajah robot ini telah menemukan banyak bukti bahwa Mars jauh lebih basah dan lebih hangat, dengan atmosfer yang lebih tebal, miliaran tahun yang lalu. 

10 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Mars

Planet Kecil
ika Matahari setinggi pintu depan biasa, Bumi akan seukuran uang receh, dan Mars akan sebesar tablet aspirin.

Batu Ke Empat
Mars mengorbit Matahari kita, sebuah bintang. Mars adalah planet keempat dari Matahari pada jarak rata-rata sekitar 228 juta km (142 juta mil) atau 1,52 AU

Hari Yang Lebih Panjang
Suatu hari di Mars membutuhkan waktu lebih dari 24 jam. Mars membuat orbit lengkap mengelilingi Matahari (setahun dalam waktu Mars) dalam 687 hari Bumi.

Medan Terjal
Mars adalah planet berbatu. Permukaan padatnya telah diubah oleh gunung berapi, benturan, angin, pergerakan kerak dan reaksi kimia.

Menggunakan Pakaian Luar Angkasa
Mars memiliki atmosfer tipis yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida (CO 2 ), argon (Ar), nitrogen (N 2 ), dan sejumlah kecil oksigen dan uap air.

Dua Bulan
Mars memiliki dua bulan bernama Phobos dan Deimos

Tanpa Cincin
Tidak ada cincin di sekitar Mars.

Banyak Misi
Beberapa misi telah mengunjungi planet ini, dari terbang lintas dan pengorbit hingga penjelajah di permukaan. Keberhasilan misi Mars pertama yang benar adalah terbang lintas Mariner 4 pada tahun 1965.

Tempat Yang Sulit Untuk Hidup
Saat ini, permukaan Mars tidak dapat mendukung kehidupan seperti yang kita ketahui. Misi saat ini menentukan potensi masa lalu dan masa depan Mars untuk kehidupan.

Planet Berkarat
Mars dikenal sebagai Planet Merah karena mineral besi di tanah Mars teroksidasi, atau berkarat, menyebabkan tanah dan atmosfer terlihat merah


Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.