GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Sejarah Lahirnya Budi Utomo Tak Lepas Dari Peran Dr. Soetomo

(Foto: Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0) Istimewa

SakiSaku.tech - Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang menjadi awal kebangkitan indonesia. Awal berdirinya Budi Utomo bermula dari gagasan dari dr. wahidin Soedirohusodo. Wahidin mengunjungi sekolah lamanya STOVIA pada tahun 1907. Di depan para mahasiswa sekolah kedokteran tersebut , wahidin menyerukan supaya membentuk organisasi dengan tujuan mengangkat derajat bangsa. Soetomo , salah seorang mahasiswa yang mendengar ide tersebut lantas tertarik dan ingin melaksanakannya.

Alhasil , Soetomo dan sejumlah pemuda lainnya mendirikan Boedi Oetomo atau bisa disebut Budi Utomo di Batavia. Budi Utomo di dirikan pada 20 Mei 1908 , Organisasi ini menjadi organisasi pemuda pertama di Indonesia yang berjalan dengan baik. Bentuk kepengurusan Budi Utomo yaitu secara periode. Selain itu , Organisasi Budi Utomo memiliki program kegiatan serta memiliki kongres yang terjadwal. Salah satu program utama organisasi Budi Utomo adalah kemajuan yang harmonis bagi nusa jawa dan madura.

Budi Utomo langsung bergerak cepat serta menggelar kongres pertamanya di Yogyakarta pada 3 - 5 Oktober 1908. Sejak saat itu , Organisasi Budi Utomo menjadi rutin menggelar Kongres. Lalu organisasi ini berkembang dari yang hanya terbatas orang jawa menjadi meluas orang Indonesia. Budi Utomo berdiri , memicu Organisasi Pergerakan lain bermunculan di indonesia.

Organisasi lain yang muncul diantaranya Syarikat Islam yang berdiri pada 1912. Partai politik pertama di Hindia Belanda yaitu Indische Partij (Partai Hindia) yang berdiri di tahun yang sama. Lalu pada 1904 berdiri organisasi ISDV (Indische Sociaal Democratische Vereeniging) , kemudian pada tahun 1912 an muncul Organisasi Keagamaan Muhammadiyah dan Persatuan Islam yang berdiri pada 1920an.

Kelompok lain ternyata juga tak ingin ketinggalan , setelah itu lahir pula organisasi seperti Jong Soematra Bond, Jong Ambon , Jong Java , Jong Islamieten Bond, Jong Celebes , Jong Batak, dan Jong Minahasa.

Sejak kehadiran Organisasi Budi Utomo serta Organisasi Lain , perlawanan dalam melawan penjajah lebih terorganisir dengan nasionalisme indonesia. kemudian pergerakan Budi Utomo berakhir pada tahun 1935 ketika bergabung dengan Persatuan Bangsa Indonesia lalu terbentuk Partai Indonesia Raya ( Parindra ). Sejak saat itu , Budi Utomo menjadi tonggak baru kebangkitan bangsa dan kemudian hari lahirnya Budi Utomo pun ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tahunnya.

Sumber : CNN Indonesia , Wikipedia  dan Sumber lainnya



Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.