GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Ini Perkembangan Harga Telur Dan Cabai Di Jogja Yang Sempat Naik Tajam

Pedagang sembako di Pasar Gentan, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, menunggui dagangannya.Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan.

SakiSaku.tech - Pada beberapa waktu lalu harga telur dan cabai sempat merangkak naik , perkembangan terkini harga telur dan cabai sudah berangsur menurun. Kepala Bidang Ketersediaan , Pengawasan Dan Pengendalian perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta , Sri Riswanti mengatakan bahwa sejak 24 Desember Harga telur merangkak naik secara signifikan , Sementara kenaikan Harga Cabai sudah naik sejak sekitar bulan November 2021 yang lalu.

Berdasarkan dari harga telur normal yang sebelumnya Rp. 22.000 hingga Rp.23.000 , Harga terus merangkak naik hingga Rp. 30.000 sampai Rp, 35.000. Sementara untuk harga Cabai dari harga normalnya Rp. 36.000 merangkak naik menjadi Rp. 50.000 kemudian naik kembali menjadi Rp. 70.000 sampai pada puncaknya Rp. 100.000.

Sri Riswanti menambahkan harga telur naiknya cukup signifikan dan saat ini harga telur sudah stabil Rp. 31.000 walaupun masih tergolong tinggi. Sementara itu , Harga cabai masih rata - rata Rp. 85.000. Penyebab naiknya harga cabai pada beberapa waktu yang lalu karena faktor cuaca. Dalam hal tersebut , intensitas hujan yang tinggi menyebabkan produksi menurun. Sementara untuk telur , faktor salah satunya karena salah satunya diakibatkan adanya momen pemberian bantuan program keluarga harapan ( PKH ).

Trennya bisa kami pastikan saat PKH turun. adanya kecenderungan telur naik selain momen hari raya natal juga membuat gejala sosial berupa meningkatnya perbelanjaan. Beberapa orang mendapat tunjangan hari raya. Ungkap Sri Riswanti dikutip dari HarianJogja.com

Untuk stok telur sejauh ini cenderung stabil dan tidak ada penurunan produksi dan sejenisnya. Sejauh ini belum ada intervensi operasi pasar dari pemerintah daerah untuk cabai dan telur. 



 

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.