GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Wajib Diketahui Ini Penyebab Gigi Sensitif Dan Solusi Mengatasinya

Ilustrasi

Gigi sensitif dapat saja terjadi pada siapa saja. Tidak hanya dialami pada orang yang lalai merawat gigi tetapi juga pada ibu hamil dan orang lanjut usia. Gigi sensitif adalah munculnya rasa nyeri dan ngilu pada gigi. Hal ini dapat terjadi karena gigi memberi respon terhadap rangsangan tertentu. Dapat kita contohkan pada saat kita mengkonsumsi makanan panas atau dingin yang berlebihan.Permasalahan gigi sensitif dapat terjadi pada satu atau beberapa gigi dan dapat juga terjadi pada jangka sementara maupun jangka panjang. Penyebab Gigi Sensitif adalah kebiasaan lalai merawat gigi dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang tidak pada sasarannya.

Selain penyebab diatas ada juga beberapa faktor yang membuat gigi menjadi sensitif yaitu terlalu keras dalam menyikat gigi , penggunaan sikat gigi dengan bulu yang kasar , Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol dan kebiasaan menggesekan gigi. Disamoing itu , masalah gigi sensitif juga dapat dialami oleh ibu hamil karena hormon yang berubah selama kehamilan. Hal ini dapat mengakibatkan kesehatan gigi menjadi rentan terhadfap bakteri sehingga menyebabkan gusi bengkak dan meradang.

Selain itu Gigi sensitif juga dapat dialami oleh orang yang lanjut usia , karena ketika memasuki usia lanjut gusi akan semakin meyusut dan mengakibatkan lebih sensitif. Dari tingkat produksi air liur juga dapat berkurang akibat dari efek obat - obatan tertentu.Hal ini membuat gigi mudah rusak dan rentan munculnya gigi sensitif.

Solusi Untuk Merngatasi Gigi Sensitif

Pada masalah gigi sensitif ringan kalian dapat mengatasinya dengan penggunaan pasta gigi dengan formula khusus untuk gigi sensitif. Sebaiknya pilih pasta gigi yang menandung mineral hydroxyapatite (HAP), potassium citrate, dan zinc citrate. Dari hasil penelitian, mineral hydroxyapatite ( HAP ) Dapat memperbaiki email gigi serta mempertahankan kekuatan gigi menjadi lebih lama.

Selain itu kandungan diatas tersebut yang ada dalam pasta gigi dapat membantu mengurangi rasa ngilu dalam kurun waktu 30 detik. Apabila keluhan gigi sensitif menjadi sulit makan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter gigi.

Cara Agar Gigi Sensitif Tidak Dtang Kembali

Berikut beberpa langkah untuk mengatasi gigi sensitif tidak datang kembali yaitu dengan cara rutin merawat kesehatan gigi seperti pada langkah berikut ini :

  • Sikat gigi dua kali sehari , lakukan pagi dan malam hari menjelang tidur
  • Gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut dan jangan menyikat gigi terlalu kuat
  • Apabila ingin menggunakan mouthwash , pilihlah produk yang memiliki kandungan flouride serta bebas alkohol.
  • Hindari menggunakan Pemutih gigi
  • Cukupi asupan cairan setiap hari dan banyak minum air putih
  • Hindari menyikat gigi secara langsung setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam termasuk pada minuman bersoda
  • Lakukanlah pemeriksaan Gigi anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
Apabila gigi sensitif tidak berkunjung membaik setelah melakukan cara diatas maka lakukan konsultasi ke dokter gigi. Dokter gigi akan mengidentifikasi penyebab gigi sensitif yang anda alami dan memberikan penanganan lebih lanjut.



Sumber : Alodokter

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI