GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Cara Mengirimkan Peta Situs GSC Tanpa Ribet


Sebisa Bisnis Jogja - Dalam sebuah blog peran dari google search console amat penting. Karena dalam fiturnya banyak kemudahan dalam aksesnya. GSC atau dikenal dengan Google Search Console dalam wikipedia adalah alat bantu untuk para webmaster mempermudah dalam pengenalan mesin pencari Google.

Dengan begitu , mesin pencari Google akan lebih mudah dalam merayapi halaman - halaman anda. Sama halnya seperti website , blog juga perlu adanya sitemap. Hal ini bertujuan agar google search engine mudah merayapi konten - konten anda di dalamnya.

Dalam penggunaan Sitemap pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML yang secara otomatis akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah. Dalam sitemap , ada beragam format yang dapat anda gunakan meliputi XML , RSS maupun Atom 1.0

Google pertama kali memperkenalkan peta situs 0.84 pada Juni 2005. Dengan demikian pengembang web dapat mempubliskasikan daftar tautan dari seluruh situs mereka. Peta situs sangat bermanfaat bagi situs web atau blog diantaranya web master yang menggunakan konten ajax , silverlight maupun flash biasanya tidak akan diproses pada mesin pencari.

Cara mengirim ke Peta Situs

Peta situs dapat dikirimkan langsung ke mesin pencari. Selain itu rincian pengiriman akan bervariasi dengan mesin pencari yang berbeda. Lokasi peta situs juga dimasukan ke dalam robots.txt file dengan penambahan berikut.

https://www.example.org/sitemap.xml

Untuk langkah lebih mudahnya anda dapat membuka dasboard blog kalian. Pilih Setting / Pengaturan - Crawler atau Pengindeksan. Perhatikan gambar dibawah ini.

( Tampilan Panel Dasboard Blogger )


Pilih Setelan - Crawler Pengindeksan


Setelah itu , hidupkan tombol Aktifkan robots txt kustom dan isi robots.txt kustom tersebut dengan format berikut ini.

User-agent: *
Allow: /
Disallow: /search

Sitemap: http://www.example.org/sitemap.xml


Setelah anda menerapkan file diatas ke dalam robots txt , langkah berikutnya adalah dengan membuka Google Search Console dan pilih peta situs dan inputkan file url sitemap anda ke peta situs tersebut. Perhatikan gambar berikut.


Pilih Petas Situs dan masukan file url sitemap yang anda buat.


Dalam format peta situs ( perhatikan gambar diatas ) isilah dengan format http://www.example.org/sitemap.xml Bila sudah terkirim maka akan terlihat tampilan apakah pengiriman peta situs tersebut berhasil atau terdapat eror.

Catatan :
Perhatikan langkah - langkah diatas dengan teliti jangan sampai terdapat file yang kurang ataupun terhapus. 



Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI