GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Ini Fakta Susu Beruang Yang Belakangan ini Ramai Dapat Menyembuhkan Covid-19

Sakisaku Tech , D.I Yogyakarta - Susu Beruang atau Bearbrand belakangan ini banyak diburu konsumen. Hal tersebut dipicu pada beberapa unggahan di media sosial yang mengklaim bahwa susu tersebut dapat membuat seseorang cepat pulih Covid-19.
Salah satunya adalah narasi yang dibagikan di media sosial facebook pada 6 juli 2021 yang menyatakan meminum bear brand menjadi bagian dari 11 tips cepat pulih dari Covid-19.

Sedikit informasi berbagi pengalaman karena ponakan saya terkena Covid-19 ( Gejala ringan / Isoman ). Biar cepat pulih sering minum susu bear brand. Tulis narasi di facebook.

 

Sepuluh tips lainnya dibagikan antara lain makanan yang bergizi , mengkonsumsi vitamin c , rempah dan madu , minum paracetamol ketika demam , berjemur dan berolahraga ringan , irigasi nassal saat hilang indera penciuman , dan terapi uap minyak kayu putih.

PEMERIKSAAN FAKTA

Melansir dari Tempo.co hasil pemeriksaan fakta menunjukan bahwa Susu Bear Brand maupun Susu Jenis lainnya bukan obat Covid - 19. Perlindungan terbaik akibat virus Covid - 19 adalah sering mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer , menghindari kontak dekat dengan orang sakit , memakai masker saat merasa sakit , membersihkan dan mendesinfeksi permukaan yang sering disentuh dan menjaga jarak.

Dikutip dari laman resmi Universitas Gajah Mada ( UGM ) , Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM , Rahadyana Muslichah mengatakan bahwa Susu Beruang atau Bear brand tidak dapat mengobati Covid-19. Sebab , saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa susu tersebut dapat mengobati virus Corona Jenis baru ini.

Susu beruang bukan obat dan sampai sekarang pun belum ada obat spesifik untuk mengobati Covid-19. Jadi klaim Susu beruang dapat menyembuhkan covid-19 itu tidak benar. Ungkapnya Senin , 5 Juli 2021.


Lebih lanjut ia menjelaskan dalam susu beruang varian kemasan warna putih merupakan produk susu murni 100% susu sapi. Didalamnya hanya mengandung makronutrien yakni karbohidrat , protein dan lemak. Sementara varian lainnya telah di fortifikasi dengan vitamin dan mineral.

Tidak ada perbedaan antara susu beruang dengan susu lainnya. Kandungan gizinya hampir sama. Soal kandungan gizi bisa dicek di label kemasan. Ujar icha menjelaskan.

 

Icha menambahkan mengkonsumsi susu saja tidak lantas meningkatkan imunitas tubuh. Untuk menjaga dari paparan Covid-19 diperlukan makanan yang bergizi. 

Kepala Divisi teknologi Hasil ternak departemen produksi dan teknologi peternakan Intitut pertanian bogor IPB , Epi Taufik menyatakan hal yang sama. Menurutnya semua jenis olahan susu cair baik itu susu  pasteurisasi maupun susu UHT seperti susu beruang dengan susu steril dari berbagai merk yang beredar dipasaran memiliki kandungan nilai gizi yang hampir sama.

Ia menjelaskan sebagaimana bahan pangan lainnya , Susu merupakan sumber nutrisi bagi tubuh untuk menjaga proses metabolisme normal. Termasuk mencegah inflamasi dan juga meningkatkan imunitas tubuh. Tetapi susu bukanlah obat maupun vaksin.

KESIMPULAN

Melansir dari Tempo.co dari pemeriksaan fakta diatas Tempo menyimpulkan klaim bahwa Susu Bear brand atau susu beruang dapat menyembuhkan Covid-19 adalah Keliru. Susu atau makanan tertentu tidak dapat mengobati atau melindungi seseorang dari Virus Covid-19.


Sumber  : Tempo.co
Editor     : Tommy Prabowo


Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.