GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Ban Jenis Apa Yang Bagus Buat Motor Matic 2024

Ilustrasi

Setiap orang pasti memiliki perbedaan pendapat. Begitu juga dengan pada pilihan Ban pada sepeda motor. Jenis atau varian pada Ban juga berfariasi dan beragam ukuran. Untuk motor jenis bebek identik dengan ban ukuran ring 17 , beda lagi dengan motor jenis sport atau trail. Ia menggunakan ban berukuran ring 18 dan untuk motor jenis matic menggunakan ban dengan ukuran ring 14 dan ring 12.

Harga ban juga berfariasi untuk ban luar depan jenis motor bebek di kisaran 100 hingga 120 ribu. Sedangkan ban luar belakang di kisaran 150 hingga 170 ribu rupiah.

Hal ini berbeda lagi pada harga ban pada motor jenis sport , trail dan matic. Terlebih jenis ban di indonesia dikategorikan menjadi dua yaitu tubeles dan biasa ( non tubeles memakai ban dalam ). 

Lalu Ban Jenis apa yang bagus buat motor matic?

Yang beredar di jalanan dengan motor pemakaian sehari - hari akan terlihat dari penampakan ban tersebut. Bila pada motor matic akan terlihat ban tipis sebagian. Mengapa demikian?

Pada motor matic ber cc kecil tentu menggunakan suspensi belakang yang hanya satu saja. Hal inilah yang membuat ban hanya memakan atau tipis sebelah dan membuat kurang nyaman saat kita gunakan berkendara. Selain itu , faktor jalan aspal yang cenderung miring juga mempengaruhi pada kondisi ban motor kita.

Bila anda menggunakan motor jenis matic , direkomendasikan untuk menggunakan ban jenis tubeles dengan ukuran standart dan pilihlah yang tidak bergaris tengah. Ban tanpa garis tengah diklaim lebih meningkatkan performa dan daya gesek ban ke aspal lebih rata.

Selain itu , dengan menggunakan ban jenis ini juga diharuskan menggunakan isi nitrogen. Hal ini agar daya tekan lebih empuk dan nyaman ketika saat kita gunakan berkendara.

Harga ban tubeles jenis ini tergolong cukup terjangkau yakni dikisaran 210 ribu hingga 230 ribu untuk ban belakang dan 170 ribu hingga 190 ribu untuk ban depan. Bila anda menggunakan cairan anti bocor sebaiknya baca aturan pakai dan pelajari dampak - dampaknya.

Dengan begitu , tips memilih ban lebih mudah anda pahami dan dapat diterapkan ketika anda mengganti ban pada motor kesayangan anda.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI