GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Pilihan Destinasi Wisata Kulon Progo , Air Terjun Goa Kebon

Ilustrasi

Kabupaten Kulon Progo memang memiliki beragam destinasi wisata yang terbilang lengkap. Anda dapat memilih ingin berkunjung ke wisata alam hingga pantai ada di kabupaten ini. Bila berbicara tentang wisata alam , salah satu destinasi wisata yang lagi ngehits yakni Air Terjun Goa Kebon.

Air terjun Goa Kebon ini menjadi salah satu andalan. Tak hanya indah , lokasi wisata ini juga menyimpan kisah yang menarik.

Singkatnya , Alkisah dahulu kala daerah ini dulunya dibuka oleh seseorang bernama kyai Abdul soleh pada tahun 1510 silam. Kyai tersebut berinisiatif membuka lahan agar penduduk sekitar dapat bercocok tanam dan menikmati hasilnya. Di dalam air terjun tersebut juga terdapat Goa yang konon digunakan Kyai tersebut untuk mengajar murid - muridnya.

Dari situlah muncul sebutan Goa Kebon atau Goa yang didekat lahan dan bisa ditanami. Keistimewaan Goa Kebon ini ialah tak pernah kering. Menurut warga sekitar , hal ini dapat terjadi karena air terjun tidak tergantung pada aliran sungai manapun. 

Tak jauh dari lokasi , terdapat mata air istimewa yang diberi nama Sendang Kyai Pitu. Hingga saat ini tak jelas apa makna dibalik penamaan tersebut. Namun , banyak orang meyakini bahwa mata air sumber tersebut dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Pengunjung berfoto di pintu masuk Goa Kebon via Instagram rifadnureka

Meski sudah dikembangkan sejak tahun lalu , hingga kini wisata Goa Kebon masih belum diluncurkan secara resmi. Hal inilah yang membuat banyak warga kulon progo dan sekitarnya masih asing dengan destinasi wisata alam satu ini.

Itulah tadi keistimewaan wisata Goa Kebon. Bila anda berada di kota gudeg , tak ada salahnya menyambangi destinasi wisata alam satu ini.

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI