GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Kasus Jamaah Motor Matic Mbrebet Ditarikan Awal


Kamu pengguna motor matic? Entah itu Honda , Yamaha , Suzuki atau yang lainnya. Pernah mengalami kendala pada tarikan gas awal brebet? Walaupun anda rajin service motor hal ini belum tentu tetap bersih lho.

Karena permasalahannya bukan dari sensor - sensor melainkan dari kotoran yang menyumbat dan mengakibatkan kurangnya akselerasi.

Intip cara memperbaiki masalah motor matic anda yang brebet di awa tarikan. Brebet pada kendaraan motor matic bisa saja terjadi entah itu diservice rutin setiap bulan atau 6 bulan sekali bahkan setahun sekali.

Pertanyaan , lebih baik service rutin setiap bulan sekali apa setiap enam bulan sekali atau setahun sekali?

Pertanyaan diatas mungkin bisa jadi jawaban yang tepat bagi anda yang belum mengetahuinya. Bila menjawab pertanyaan diatas , semua bagus. Asalkan cara servicenya yang benar.

Selama ini teman - teman mekanik menservice kendaraan hanya disemprot - semprot tanpa dibongkar pada bagian mesin. Padahal hanya dengan menyemprot tidak akan membawa perubahan pada motor. Karena selama motor dipakai untuk berkendara maka pada komponen di dalamnya juga akan timbul kotoran - kotoran yang mungkin bisa saja menyumbat dan membuat laju atau tarikan gas menjadi brebet.

Pada masalah brebet sebaiknya jangan salah kaprah memvonis ya. Kita teliti dan cermati terlebih dahulu. Periksa komponen mana sajakah yang berhubungan dengan akselerasi.

Namun demikian , alangkah baiknya bila kita lakukan pembersihan total pada kendaraan kita. Jangan setengah - setengah. Bila anda tidak tau tentang mesin rekomendasi bisa anda bawa ke bengkel dan jangan malu bertanya. Karena malu bertanya akan tersesat dijalan 😊

Baik , kita mulai tutorial bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi motor matic brebet di tarikan awal.

Step Pertama

Siapkan alat - alat untuk membongkar terlebih dahulu. Pastikan semua kebutuhan alat lengkap ya.


Bongkarlah penutup aki atau batery , kalau motor matic honda biasanya berada pada posisi pijakan kaki. Bongkar menggunakan obeng + , buka dengan pelan agar tidak lumpur atau aus bautnya.

Bila sudah periksa pada bagian sekering , apakah terdapat sekering yang putus atau tidak. Bila iya segera ganti sekering baru.

Step Kedua

Langkah kedua , bongkar pada bagian filternya. Untuk motor matic honda terletak pada bagian atas box cvt pada bagian kiri. Bongkar menggunakan obeng + dan lakukan pembongkaran dengan hati - hati. Karena filter terbuat dari bahan plastik dan mudah pecah.


Setelah terbongkar , periksa apakah filter kotor atau tidak. Bila iya maka bersihkan. Ingat! Jangan disemprot ya , lakukan pembersihan dengan mengetukan atau diketuk - ketuk saja agar kotoran yang ada didalam filter dapat keluar. Bila sudah lakukan perakitan kembali seperti semula.

Step Ketiga

Untuk langkah selanjutanya , bongkar pad bagian body motor dan lihat di mesinnya. Emm bagi yang jarang lakukan pembersihan pasti akan terlihat kotor. Lakukan pembersihan pada komponen di gambar bawah ini hingga menyeluruh.


Gunakan semprotan dan bensin untuk membersihakannya. Jangan lupa untuk membersihkan pada bagian spuyernya.


Bila anda memiliki alat service ( lihat gambar diatas ) lakukan cek dengan menggunakan alat tersebut. Ingat ya jangan pake manual. Disitu akan terlihat sensor - sensor dapat bekerja dengan baik atau tidaknya.

Sampai disini paham?

Dengan menservice menggunakan alat diatas sebenarnya belum lengkap bila tanpa pembersihan pada mesin itu.


Bongkar pada bagian komponen vital mesin dan lakukan pembersihan. Setelah itu pasang kembali dan cobalah....tarikan motor pasti berhasil tanpa brebet..



 

Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.