GfWoBUY9Tpz9TpziGfM5BSWoTY==

Berapa Lama Rantai Gear Motor Bebek Aus

Ilustrasi

Rantai pada motor adalah komponen penting untuk penyambung gerak agar roda motor dapat berputar. Rantai berfungsi sebagai penyalur antara sprocket depan dengan Sprocket belakang yang bila dalam ilmu otomotif akan saling terhubung dan mengakibatkan roda berputar.

Rantai pada motor juga memiliki batasan usia. Tak selamanya komponen tersebut mulus tanpa ada kendala satupun. Dalam hal ini kita mencontohkan bahwa Part atau rantai dapat berkarat dan putus bila sudah berusia lanjut.

Apa penyebab rantai putus?

Rantai bisa dikatakan putus karena kurang terawatnya serta sudah berusia lanjut atau aus. Bila anda menggunakan motor bebek dan sport tentu perawatan dan pelumasan rantai sangat perlu dilakukan secara berkala.

Hal itu perlu dilakukan karena pada dasarnya perawatan berkala akan berdampak positif bagi kendaraan anda selain motor dan performa tetap bertahan bagus juga kondisi parts tetap awet.

Kurangnya perawatan dapat mengakibatkan cepatnya komponen aus seperti halnya juga sprocket dan rantai pada motor. Bila anda tidak melakukan perawatan secara rutin pada rantai motor anda , maka kondisi rantai akan berkarat dan rentan putus.

Kapan kita dapat memfonis rantai motor sudah aus?

Rantai pada motor bisa dikatakan aus atau perlu diganti bila keadaan part tersebut ditandai dengan bunyi kasar dan bila anda mengendarai akan terasa tak nyaman serta ditandai dengan spiner yang terdapat pada sapit urang.

Bila spiner sudah pol ke kedepan otomatis rantai tersebut sudah tidak dapat distel atau dikencangkan lagi karena itu sudah termasuk dalam batasan usia rantai yang perlu diganti. Cara Membuat Toko Online di Shopee tahun 2023

Apakah bisa kita mengganti rantai saja tanpa mengganti sprocket?

Bisa! Namun saya sarankan cek terlebih dahulu. Bila kondisi Sprocket terlihat runcing maka sebaiknya anda ganti dengan sprocket sekaligus rantainya. Tapi bila sprocket masih bagus atau tumpul maka bisa anda pertahankan dan hanya mengganti rantai saja.

Mengenai harga rantai motor saat ini berkisar antar Rp. 70.000 hingga Rp. 150.000 tergantung spek dari kendaraan bermotor anda.

Kesimpulan

Dengan perawatan secara berkala , kendaraan anda lebih terjamin terawat dan tetap fit serta lebih siap daripada kendaraan yang tidak atau jarang dirawat.


Comments0


Dapatkan update informasi pilihan dan terhangat setiap hari dari Rafadhan Blog. Temukan kami di Telegram Channel, caranya klik DISINI

Type above and press Enter to search.